PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA DIY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

RIMA ERICHA FITRIANA, NIM. 13600035 (2017) PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA DIY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA DIY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK)
13600035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (62MB)
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA DIY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK)
13600035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

LKS dapat digunakan untuk memfasilitasi aspek kognitif dan afektif. Salah satunya adalah untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dan cinta budaya lokal siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKS matematika berbasis budaya yang layak digunakan dalam pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dan cinta budaya lokal siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg and Gall dengan langkah berikut: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMPN 4 Kalasan Tahun Ajaran 2016/ 2017. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKS, instrumen tes, lembar angket, lembar validasi instrumen, dan instrumen pembelajaran (RPP dan lembar observasi). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik-deskriptif berupa persentase dan statistik inferensial berupa uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis budaya DIY telah memenuhi kriteria kelayakan yang meliputi valid, efektif, dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan kualitas LKS termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan 85,7%. Efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi kubus dan balok berdasarkan hasil posttest yang menunjukkan bahwa 70.97% dari banyaknya siswa yang mengikuti posttest memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan KKM. Efektif dalam memfasilitasi pencapaian karakter cinta budaya lokal siswa berdasarkan hasil angket cinta budaya lokal yang ditunjukkan dengan rata-rata skor post-angket lebih tinggi secara signifikan dari rata-rata skor pre-angket. Praktis berdasarkan respon siswa terhadap LKS matematika berbasis budaya DIY yang mendapatkan kategori respon positif dengan persentase 77,34%. Oleh karena itu, LKS matematika berbasis budaya DIY untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dan cinta budaya lokal siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: LKS, budaya DIY, pemecahan masalah, cinta budaya lokal, kubus dan balok
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 11:18
Last Modified: 31 Oct 2017 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28054

Actions (login required)

View Item View Item