DESAIN SUPLEMEN MATERI PEMBELAJARAN QOWAID BAHASA ARAB UNTUK SISWA MAN SABDODADI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Umi Adibah, NIM : 1320410068 (2017) DESAIN SUPLEMEN MATERI PEMBELAJARAN QOWAID BAHASA ARAB UNTUK SISWA MAN SABDODADI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN SUPLEMEN MATERI PEMBELAJARAN QOWAID BAHASA ARAB UNTUK SISWA MAN SABDODADI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
1320410068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (DESAIN SUPLEMEN MATERI PEMBELAJARAN QOWAID BAHASA ARAB UNTUK SISWA MAN SABDODADI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
1320410068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Umi Adibah, Desain Suplemen Materi Pembelajaran Qowaid Bahasa Arab untuk Siswa MAN Sabdodadi Bantul 2016 , Tesis: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku suplemen materi qowaid yang berjudul Tata Bahasa Arab Praktis yang digunakan di Madrasah Aliyah Negeri Sabdodadi Bantul kelas X. Dilihat dari hasil validasi ahli desain dan ahli materi dan peserta didik terhadap buku suplemen yang disusun dan dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan terdiri dari: (1) Menentukan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) pengembangan produk, (5) validasi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) produk modul. Proses validasi dilakukan oleh dua ahli desain dan ahli materi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Sabdodadi Bantul. Data diperoleh menggunakan angket untuk ahli desain dan ahli materi serta peserta didik terhadap modul yang disusun dan dikembangkan, pada aspek desain, aspek penggunaan, aspek penyajian, aspek isi/materi, dan aspek pembelajaran. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini layak menjadi produk akhir setelah melalui validasi ahli desain dan validasi ahli materi. Kelayakan tersebut dilihat dari rata-rata skor penilaian dari ahli desain pada aspek tampilan menghasilkan skor rata-rata 3,25 dengan kategori cukup dan aspek penggunaan menghasilkan skor rata-rata 3,6 dengan kategori baik. Penilaian ahli materi untuk aspek isi/materi menghasilkan skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik dan aspek pembelajaran menghasilkan skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil respon peserta didik terhadap produk ini pada aspek isi/materi 4,06 (baik) dan aspek tampilan 4,24 ( sangat baik), aspek pembelajaran 4,1 (baik) dan aspek penyajian 4,09 (baik). Produk ini mendapatkan respon positif dari peserta didik dan dianggap layak digunakan dalam pembelajaran tata bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H.Nizar Ali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Buku Suplemen, Pembelajaran, dan Qowaid
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Oct 2017 13:41
Last Modified: 31 Oct 2017 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum