PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB TINGKAT MTs KELAS VII DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Imam Hanafi, NIM: 1320410080 (2017) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB TINGKAT MTs KELAS VII DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB TINGKAT MTs KELAS VII DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1320410080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB TINGKAT MTs KELAS VII DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1320410080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Tesis : Pengembangan Modul Bahasa Arab Tingkat MTs Kelas VII di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Materi ajar bahasa Arab khususnya di Indonesia miskin kreasi. Buku pengajaran bahasa Arab yang bagus tanpa didukung oleh sumber lain juga terkesan monoton dan belum bisa dianggap sebagai materi ajar yang sempurna apalagi tidak didukung oleh pedoman yang lengkap dan tata cara penggunaannya. Penelitian ini, fokus pada pengembangan modul bahasa Arab kelas VII di MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Yang mana bertujuan untuk menghasilkan modul sebagai sumber belajar yang digunakan oleh siswa agar suasana pembelajaran di kelas lebih inovatif, kreatif, mandiri dan menyenangkan. Modul ini disusun secara sistematis sebagai bahan ajar penunjang belaar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui langkah-langkah atau prosedur penyusunan modul pembelajaran bahasa Arab, 2) untuk mengetahui hasil validasi desain modul pembelajaran bahasa Arab, 3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan modul bahasa Arab. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan. Uji lapangan dilaksanakan di MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Prosedur penelitiannya adalah (a) Analisis kebutuhan, (b) Desain Pembelajaran, (c) Pengembangan Produk, (d) Validasi produk, (e) Uji respon, (f) Revisi produk, (g) Produk final; merupakan produk akhir hasil dari serangkaian pengembangan modul bahasa Arab tingkat MTs kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji Validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil uji coba lapangan di MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang telah peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Arab ini sudah bisa dikategorikan baik. Modul ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya: (a) sistematika penulisan dari segi teks, font, ukuran dan warna jelas dan mudah dibaca, (b) mudah dipahami, dan (c) skema penyusunan modul tidak jauh beda dengan buku ajar, sehingga siswa sudah tidak asing dalam hal penggunaannya. Adapun kelemahan yang terdapat dalam modul ini adalah; (a) sedikitnya kosa kata yang terdapat pada setiap materi, (b) beberapa penjelasan dari materi kurang bisa memahamkan siswa, dan (c) kurangnya variasi tema di setiap materinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Modul, bahasa Arab, pengembangan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Oct 2017 13:59
Last Modified: 31 Oct 2017 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum