KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MAHASISWA JURUSAN PBA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan PBA Semester 6 Tahun 2016 di UKM Studi dan Pengembangan Bahasa Asing)

Nur Nissa Nettiyawati, NIM : 1320410213 (2017) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MAHASISWA JURUSAN PBA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan PBA Semester 6 Tahun 2016 di UKM Studi dan Pengembangan Bahasa Asing). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MAHASISWA JURUSAN PBA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan PBA Semester 6 Tahun 2016 di UKM Studi dan Pengembangan Bahasa Asing))
1320410213_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MAHASISWA JURUSAN PBA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan PBA Semester 6 Tahun 2016 di UKM Studi dan Pengembangan Bahasa Asing))
1320410213_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

NUR NISSA NETTIYAWATI, Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa Jurusan PBA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan PBA Semester 6 Tahun 2016 di UKM Studi dan Pengembangan Bahasa Asing. Tesis, Yogyakarta Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan bahasa Arab mahasiswa. Mahasiswa yang tidak pernah belajar bahasa Arab atau pernah belajar bahasa Arab tapi tidak efektif mengalami masalah kesulitan dalam mempelajari mata kuliah bahasa Arab walau hanya sekedar membaca. Dalam kondisi demikian pembimbing kegiatan ekstrakurikuler bahasa Arab berperan penting sebagai sumber belajar bagi mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Arab yang ada di SPBA, faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan tersebut serta pelaksanaannya. Yang menjadi subjek data penelitian tersebut adalah mahasiswa Jurusan PBA semester 6 tahun 2016, ketua UKM SPBA, ketua divisi Arab dan para pembimbing divisi Arab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data kepustakaan, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah pertama, jenis kegiatan ekstrakurikuler bahasa arab di UKM Studi dan Pengembangan Bahasa Asing diantaranya adalah muḥadaṣah, mufradāt, muḥādarah, debat berbahasa Arab, cerdas cermat bahasa Arab, drama bahasa dan istimā’. Kedua, faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa jurusan PBA dalam mengikuti kegiatan tersebut adalah minat, sikap pembimbing, orang tua atau keluarga, teman belajar, fasilitas, aspek psikologis dan intelegensi mahasiswa. Ketiga, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Arab di UKM SPBA setiap hari senin sampai jum‟at, jam 16:00-17:30 WIB di selasar masjid UIN Sunan Kalijaga. Mahasiswa dibagi menjadi dua kelas, kelas mubtadi’¯in dan kelas mutaqaddimin. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Arab di UKM SPBA cukup lancar, tetapi masih perlu ditingkatkan dengan persiapan yang lebih matang. Dalam pelaksanaannya, peneliti masih menemukan beberapa kendala yaitu: kegiatan kurang menarik, tidak memiliki absensi kehadiran dan fasilitas yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, M. A.
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler, Bahasa Arab, Motiva
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Oct 2017 14:11
Last Modified: 31 Oct 2017 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum