KEPERCAYAAN EKSISTENSIAL MAHASISWA DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN ORANG TUA (STUDI TERHADAP MAHASISWA PRODI PGRA)

Ichsan, . (2015) KEPERCAYAAN EKSISTENSIAL MAHASISWA DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN ORANG TUA (STUDI TERHADAP MAHASISWA PRODI PGRA). AL ATHFAL (Jurnal Pendidikan Anak), 1 (2). pp. 21-30. ISSN 2477-4715

[img]
Preview
Text (KEPERCAYAAN EKSISTENSIAL MAHASISWA DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN ORANG TUA (STUDI TERHADAP MAHASISWA PRODI PGRA))
Ichsan - KEPERVAYAAN EKSISTENSI MAHASISWA DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN ORANG TUA (Studi..).pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview

Abstract

This research has two objectives: First, to determine differences in student existential belief between students coming from high school and Madrasah Aliyah. Second, to determine differences in student existential belief according to educational level of parents of students. The hypothesis of this study: First, there is no differences in student existential belief between students coming from high school General and Madrasah Aliyah (MA). Second, there is no differences in student existential belief overview on parent education students are low, medium and high. The respondent in this study is students of PGRA class 2013/2014 and 2014/2015 totaling 126 students. Data collection tools that are used include: belief scale questionnaires adapted from C. Asri Budiningsih, Parent Education Level questionnaires, and documents. comparison test results using analysis of variance (ANOVA) two lanes obtained the values of F : 0,034 for the first hypothesis, and the value of F: 0.496 for the second hypothesis. based on the results of statistical tests can be concluded: first, there is no difference in existential belief between students from high school (SMA / SMK) and Madrasah Aliyah (MA). Secondly, there is no difference in the existential belief that the student has a parent (father) with a higher education level, medium and low. Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu : Pertama, untuk mengetahui perbedaan kepercayaan eksistensial mahasiswa antara mahasiswa yang berasal dari Sekolah Lanjutan Atas Umum dan Madrasah Aliyah. Kedua, untuk mengetahui perbedaan kepercayaan eksistensial mahasiswa ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua mahasiswa. Hipotesis penelitian yang diajukan : Pertama, tidak ada perbedaan kepercayaan eksistensial mahasiswa antara mahasiswa yang berasal dari Sekolah Lanjutan Atas Umum dan Madrasah Aliyah (MA). Kedua, Tidak ada perbedaan kepercayaan eksistensial mahasiswa dari pendidikan orang tua mahasiswa yang rendah, menengah dan tinggi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi PGRA angkatan 2013/2014 dan angkatan 2014/2015 dengan jumlah 126 mahasiswa. Alat pengumpulan data yang digunakan meliputi : angket skala kepercayaan yang diadopsi dari C. Asri Budiningsih, angket Tingkat Pendidikan Orang Tua, dan dokumen. Dari hasil uji komparasi dengan menggunakan analisis varians (Anova) dua jalur diperoleh nilai F : 0,034 untuk hipotesis pertama, dan nilai F : 0,496 untuk hipotesis kedua. dengan hasil uji statistik dapat diambil kesimpulan : pertama, Tidak ada perbedaan kepercayaan eksistensial antara mahasiswa yang berasal dari Sekolah Umum (SMA/SMK) dan Madrasah Aliyah (MA). Kedua, tidak ada perbedaan kepercayaan eksistensial mahasiswa yang memiliki orang tua (ayah) dengan tingkat pendidikan tinggi, menengah dan rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Eksistensial, latar belakang pendidikan mahasiswa, tingkat pendidikan orang tua
Subjects: Psikologi
Divisions: Jurnal > 33. Al Athfal
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Dec 2017 07:15
Last Modified: 20 Dec 2017 07:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28064

Actions (login required)

View Item View Item