METODE BIMBINGAN KEAGAMAAN PADA SISWA TUNANETRA ( Studi pada Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 3 Yogyakarta)

SRI LESTARI NIM: 04220027, (2009) METODE BIMBINGAN KEAGAMAAN PADA SISWA TUNANETRA ( Studi pada Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 3 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE BIMBINGAN KEAGAMAAN PADA SISWA TUNANETRA ( Studi pada Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 3 Yogyakarta))
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE BIMBINGAN KEAGAMAAN PADA SISWA TUNANETRA ( Studi pada Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 3 Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (156kB)

Abstract

Manfaat penelitian ini secara teoritis dapat berguna untuk mengembangkan keilmuan jurusan bimbingan penyuluhan islam, khusunya metode bimbingan keagamaan pada siswa tunanetra. Adapun manfaat secara praktisnya penelitian ini bermanfaat sebagai rujukan bagi para guru atau pembimbing khusunya dalam bimbingan keagamaan pada siswa tunanetra. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa, guru atau pembimbing di SLBN 3 dan kepala sekolah SLBN 3 Yogyakarta. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Adapun langkahnya adalah peneliti mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian data itu di analisa dan dijelaskan sesuai dengan fakta yang terjadi. Hasil penelitian ini mengetahui metode yang digunakan pada bimbingan keagamaan di SLBN 3 Yogyakarta. Dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan disini pembimbing menggunakan beberapa metode diantaranya (a) metode kelompok yang meliputi metode ceramah dan metode tanya jawab (b) metode individual yang meliputi metode praktek, metode menghafal pemberian tugas, metode pembiasaan dan metode suri tauladan. Dari beberapa metode di atas yang dominan digunakan oleh seorang pembimbing adalah metode ceramah dan praktek, ini dilihat dari kondisi siswa yang mengalami keterbatasan daya penglihatannya. Walaupun metode ceramah kadang-kadang membosankan akan tetapi metode ini tidak dapat ditinggalkan begitu saja dalam proses bimbingan atau belajar mengajar. Yang membedakan antara metode yang digunakan pada siswa normal dan siswa tunanetra terletak pada metode prakteknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Slamet S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan, siswa tunanetra.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Sep 2012 02:24
Last Modified: 29 Dec 2016 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item View Item