PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE

UNIK FITRIANA, NIM. 13600043 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal. Pertama, untuk mengetahui penerapan pembelajaran yang lebih berpengaruh antara pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, pembelajaran Pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Kedua, untuk mengetahui penerapan pembelajaran yang lebih berpengaruh antara penerapan pembelajaran pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, pembelajaran pendekatan PBL, dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan self confidence. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu dengan non-equivalent Control Group Design. Pembelajaran pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebagai variabel bebas dengan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. Siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan tahun ajaran 2016/2017 sebagai populasi dan dipilih tiga kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII B, kelas VIII C, dan kelas VIII D. Instrumen penelitian berupa pretest-postest kemampuan pemecahan masalah matematika dan prescale- postscale self confidence sedangkan instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS. Teknik analisis data tes kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan uji nonparametrik Kruskall Wallis dan uji Mann Whitney sedangkan untuk skala self confidence menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji One Way Anova yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan kedua pembelajaran yang lain terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan pembelajaran pendekatan PBL memberikan pengaruh yang sama dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Selain itu penelitian ini juga menunjukan bahwa penerapan pembelajaran pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan kedua pembelajaran yang lain terhadap peningkatan self confidence dan pembelajaran pendekatan PBL memberikan pengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan self confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, S. Pd. Si, M.Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, PBL, NHT, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self Confidence
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:45
Last Modified: 01 Nov 2017 01:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28070

Actions (login required)

View Item View Item