ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS N 6 SLEMAN

USWATUN HASANAH, NIM.13600051 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS N 6 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS N 6 SLEMAN)
13600051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS N 6 SLEMAN)
13600051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi segiempat menggunakan lima indikator Ennis, yaitu merumuskan pokok-pokok permasalahan, mengungkapkan fakta yang ada, mendeteksi bias, mengungkapkan argumen yang relevan dan menarik kesimpulan. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif ini meliputi: 1) tahap pra lapangan berupa melakukan wawancara dengan guru matematika dan menyusun instrumen penelitian; 2) tahap penelitian meliputi pemberian tes diagnostik, melakukan observasi dan wawancara; 3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di MTs N 6 Sleman pada kelas VII C. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes diagnostik, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis menurut pembagian TBK Ennis siswa kelas VII C MTs N 6 Sleman adalah sebagai berikut: Dari 32 siswa diperoleh TBK 0 sejumlah 6 siswa, artinya siswa tidak memenuhi kelima indikator Ennis melalui proses pemecahan masalah Polya yaitu, (1) Siswa tidak mampu memahami masalah, (2) siswa tidak mampu merencanakan ide, (3) siswa tidak mampu melaksanakan ide dan (4) siswa tidak mampu memeriksa kembali jawaban. TBK 1 sejumlah 9 siswa, artinya siswa memenuhi dua atau tiga indikator Ennis melalui proses pemecahan masalah Polya yaitu, (1) Siswa mampu memahami masalah, (2) mampu merencanakan ide, (3) siswa tidak mampu melaksanakan ide dan (4) siswa tidak mampu memeriksa kembali jawaban. TBK 2 sejumlah 15 siswa, artinya siswa memenuhi empat indikator Ennis melalui proses pemecahan masalah Polya yaitu (1) Siswa mampu memahami masalah, (2) siswa mampu merencanakan ide, (3) siswa mampu melaksanakan ide dan (4) siswa tidak mampu memeriksa kembali jawaban. Sedangkan TBK 3 sejumlah dua siswa, artinya siswa memenuhi lima indikator Ennis melalui proses pemecahan masalah Polya, yaitu (1) Siswa mampu memahami masalah, (2) mampu merencanakan ide, (3) siswa mampu melaksanakan ide dan (4) siswa mampu memeriksa kembali jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, pemecahan masalah Polya, tingkat kemampuan berpikir kritis (TBK)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:52
Last Modified: 19 Oct 2020 20:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28071

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum