EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LAPS (LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING) – HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS

DESY NUR ANIYAH UKI PRIYANA, NIM. 13600052 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LAPS (LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING) – HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LAPS (LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING) – HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS)
13600052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LAPS (LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING) – HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS)
13600052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran LAPS –Heuristik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran LAPS – Heuristik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran model pembelajaran LAPS - Heuristik serta variabel terikat yaitu kemampuan spasial dan self awareness siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 14 Yogyakarta, sedangkan sampel penelitiannya adalah Kelas VIII A dan VIII B. Kelas VIII A dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS - Heuristik. Kelas VIII B dijadikan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-postest kemampuan spasial, pretest-posttest self awareness, dan RPP yang dilengkapi dengan Hypotetical Learning Trajectory (HLT). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwamodel pembelajaran LAPS -Heuristik lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran LAPS - Heuristik tidak lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa. Dugaan tidak efektifnya model pembelajaran LAPS – Heuristik terhadap self awareness adalah durasi waktu pelaksanaan penelitian yang cukup singkat dan adanya kesulitan merubah sikap yang telah dimiliki berdasarkan beberapa faktor penyebab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, LAPS-Heuristik, Kemampuan Spasial, Self Awareness
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Nov 2017 13:37
Last Modified: 01 Nov 2017 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum