PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK SISWA DIFABEL DAKSA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Juli Agustina Nasution, NIM.10670005 (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK SISWA DIFABEL DAKSA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK SISWA DIFABEL DAKSA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
10670005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK SISWA DIFABEL DAKSA DI SEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
10670005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kimia di kelas X untuk siswa difabel daksa di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui minat dan motivasi siswa difabel daksa dalam belajar kimia di kelas X di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus, yaitu dengan metode menghimpun dan menganalisis data yang berkaitan dengan suatu kasus tertentu. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa difabel daksa dan guru mata pelajaran kimia di sekolah inklusif MAN Maguwoharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara, skala, dan studi dokumen. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti, pedoman observasi, panduan wawancara, dan lembar skala. Tringulasi metode dan sumber digunakan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran kimia disekolah inklusif MAN Maguwoharjo untuk siswa difabel daksa sama dengan siswa lainnya tidak dibeda-bedakan, Interaksi antara siswa difabel daksa pada saat pembelajaran kimia dengan guru berjalan lancar, hanya saja siswa difabel daksa memiliki sifat pendiam, interaksi dengan siswa berjalan dengan baik dimana siswa difabel daksa dan siswa lain saling membantu bila ada kesulitan. Skala nilai untuk motivasi siswa difabel daksa dalam belajar kimia berada di kategori baik dengan persentase 70 %, dan skala nilai untuk minat siswa difabel daksa dalam belajar kimia berada di kategori baik dengan nilai 74%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sekolah inklusif, siswa difabel daksa, pembelajaran kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 13:48
Last Modified: 04 Dec 2017 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28086

Actions (login required)

View Item View Item