PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN KIMIA BERBASIS INTEGRASI -INTERKONEKSI PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER I

Ahmad Nur Kholis, NIM.10670013 (2017) PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN KIMIA BERBASIS INTEGRASI -INTERKONEKSI PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN KIMIA BERBASIS INTEGRASI -INTERKONEKSI PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER I)
10670013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN KIMIA BERBASIS INTEGRASI -INTERKONEKSI PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER I)
10670013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Suplemen Kimia Berbasis Integrasi-Interkoneksi Pada Materi Termokimia Untuk SMA/MA Kelas XI Semester I. Penelitian ini juga untuk menganalisis uji kualitas buku suplemen yang telah dikembangkan, menganalisis uji efektivitas buku suplemen terhadap hasil pembelajaran kognitif peserta didik, dan menganalisis uji respon pengguna terhadap buku suplemen termokimia berbasis integrasi-interkoneksi yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) dengan model prosedural yang mengadaptasi dari pengembangan perangkat 4-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penelitian data pada uji kualitas penelitian ini menggunakan metode expert assesment dengan instrumen berupa lembar penilaian ahli dengan bentuk checklist yang nanti hasilnya akan dikategorisasikan. Untuk uji efektivitas metode yang digunakan adalah metode test dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest untuk dikerjakan peserta didik yang nanti hasilnya dilihat dari uji beda t. Untuk uiji respon pengguna penelitian ini menggunakan metode angket dengan instrumen lembar respon pengguna yang nanti hasilnya akan dikategorisasikan. Hasil penelitian uji kualitas berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, ahli integrasi-interkoneksi, ahli pendidik kimia, buku suplemen memiliki kategori sangat baik (SB) itu dikarenakan Persentase keidealan menurut ahli materi adalah 91,43%, persentase keidealan menurut ahli media adalah 80%, persentase keidealan menurut ahli integrasi-interkoneksi adalah 86,67%, dan persentase keidealan menurut ahli pendidik kimia adalah 93,53%. Uji efektifitas buku suplemen yang telah dikembangkan adalah signifikan (efektif) digunakan dalam penunjang pembelajaran peserta didik, hal ini bisa dilihat dari hasil uji beda t dengan hasil t hitung -22.478 yang menunjukkan ada perbedaan signifikan, hal ini berarti buku suplemen sangat efektif digunakan oleh peserta didik. Uji respon pengguna terhadap buku suplemen yang telah dikembangkan memiliki kategori sangat baik (SB), hal ini dapat dilihat dari persentase respon pengguna yang mencapai 90,38%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Karmanto, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Buku suplemen, Termokimia, Integrasi-interkoneksi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:58
Last Modified: 01 Nov 2017 06:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28091

Actions (login required)

View Item View Item