ANALISIS PROSES PEMBUATAN BBM DARI LIMBAH PLASTIK DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI

Ahmad Arifin, NIM.10670048 (2017) ANALISIS PROSES PEMBUATAN BBM DARI LIMBAH PLASTIK DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PROSES PEMBUATAN BBM DARI LIMBAH PLASTIK DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI)
10670048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PROSES PEMBUATAN BBM DARI LIMBAH PLASTIK DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI)
10670048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu mengetahui proses pembuatan BBM dari limbah plastik dan mengetahui apakah proses pembuatan BBM dari limbah plastik dapat dijadikan sebagai sumber belajar kimia di SMA/MA kelas XI semester 1 pada materi pokok minyak bumi. Penelitian yang telah dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunkan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumenter. Pengambilan data proses pembuatan BBM dari limbah plastik dilakukan di Desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, sedangkan pengambilan data penentuan potensi analisis proses pembuatan BBM dari limbah plastik sebagai sumber belajar dilakukan di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta dan SMA N 1 Pundong. Pada penelitian proses pembuatan BBM dari limbah plastik didapatkan data berupa fakta dan konsep tentang fenomena yang terjadi di lapangan. Data tersebut meliputi latar belakang, bahan, alat, langkah kerja, spesifikasi produk, implementasi pemanfaatan produk dan dampak pembuatan BBM dari limbah plastik. Data penelitian ini kemudian di teliti potensinya sebagai sumber belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data tersebut memenuhi 5 (lima) persyaratan sebagai sumber belajar. Persyaratan tersebut meliputi kejelasan potensi, kesesuaian dengan tujuan, kejelasan sasaran, kejelasan informasi yang diungkap dan kejelasan pedoman eksplorasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pembuatan BBM dari limbah plastik bisa dijadikan sebagai sumber belajar kimia di SMA/MA kelas XI semester 1 pada materi pokok minyak bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M. Sc.,
Uncontrolled Keywords: plastik, bbm, pirolisis, sumber belajar, minyak bumi`
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:22
Last Modified: 01 Nov 2017 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28099

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum