EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM 2013 PERSPEKTIF SISWA DI SMP NEGERI 241 JAKARTA

ROHMAT WIJAYANTO, NIM. 1320412158 (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM 2013 PERSPEKTIF SISWA DI SMP NEGERI 241 JAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM 2013 PERSPEKTIF SISWA DI SMP NEGERI 241 JAKARTA)
1320412158_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA KURIKULUM 2013 PERSPEKTIF SISWA DI SMP NEGERI 241 JAKARTA)
1320412158_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ROHMAT WIJAYANTO. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kurikulum 2013 Perspektif Siswa di SMP Negeri 241 Jakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017 Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum 2013 mengalami beberapa perubahan yaitu, perubahan nama dari Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dengan berlakunya kurikulum 2013 pemerintah ingin mencetak peserta didik yang tidak hanya cerdas, tetapi juga kreatif dan memiliki sikap yang baik / bijak. Maka sangat diperlukan proses pembelajaran yang tepat. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti perlu adanya evaluasi sebagai pedoman perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 siswa kelas VIII dilihat dari kualitas pembelajaran dan output pembelajaran serta rekomendasi hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 241 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif (mixed methods), dengan mengambil latar di SMP Negeri 241 Jakarta . Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi pendidikan. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kualitas dan output pembelajaran (Model EKOP). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan metode redukdi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain analisis deskriptif kualitatif penelitian ini juga menggunakan data kuantitatif yaitu untuk mencari prosentase hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 siswa kelas VIII di SMP Negeri 241 Jakarta adalah cukup baik. Output pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 siswa kelas VIII di SMP Negeri 241 Jakarta adalajh cukup baik. Rekomendasi dari hasil evaluasi program pembelajaran ini bertujuan untuk memperbaiki program pembelajaran yang akan datang, sehingga output maupun kualitas pembelajaran akan lebih baik lagi. Rekomendasi ini ditujukan kepada guru, siswa dan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:27
Last Modified: 01 Nov 2017 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum