IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 239 JAKARTA (Perspektif Pendidikan Multikultural)

HENDRI SUJATMIKO, NIM. 1320412159 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 239 JAKARTA (Perspektif Pendidikan Multikultural). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 239 JAKARTA (Perspektif Pendidikan Multikultural))
1320412159_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 239 JAKARTA (Perspektif Pendidikan Multikultural))
1320412159_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Hendri Sujatmiko, Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 239 Jakarta (Perspektif Pendidikan Multikultural), Tesis, Program Pascasarjana Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Keragaman ini diakui atau tidak, akan dapat menimbulkan berbagai persoalan seperti yang sekarang dihadapi bangsa ini. Korupsi, kolusi, nepotisme, premanisme, pereseteruan politik, kemiskinan, kekerasan, separatisme, perusakan lingkungan dan hilangnya rasa kemanusiaan untuk selalu menghormati hak-hak orang lain, adalah bentuk nyata dari multikulturalisme itu. Unsur lain yang masih terkait dengan kebhinekaan adalah masalah diskriminasi. Perlakuan tidak adil atau tindakan diskriminatif bisa terjadi dalam berbagai bidang kehidupanseperti ekonomi, sosial, politik, budaya, pendidikan dan lain-lain. Perbedaan-perbedaan kultural seperti suku, ras, kelas sosial, gender, umur, kemampuan dan bahasa dapat dijadikan objek dan alasan untuk melakukan diskriminasi oleh kelompok dominan terhadap kelompok minoritas. Perlu kiranya dicarikan strategi khusus dalam memecahkan persoalan tersebut. Dengan menggunakan sekaligus mengimplementasikan strategi pendidikan agama Islam yang memuat nilai-nilai multikultural dan mempunyai visi-misi selalu menegakkan dan menghargai keberagaman, demokrasi dan humasisme, diharapkan peserta didik dapat menjadi generasi yang selalu menjunjung tinggi moralitas, kedisiplinan, kepedulian humanistik, dan kejujuran dalam berperilaku sehari-hari. Oleh karena itu penelitian ini mencoba menjawab permasalahan tersebut dengan mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran PAI dalam kurikulum 2013 yang baru diterapkan di SMPN 239. Penelitian merupakan penelitian Sumber data utama adalah guru ketika melakukan pembelajaran PAI serta kata-kata dan tindakan peserta didik. Selebihnya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang mendukung penelitian.Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil peelitian menunjukkan: Pembelajaran PAI dalam kurikulum 2013 telah mengakomodir penyampaian nilai-nilai pendidikan multikultural meliputi: a) nilai toleransi, b) nilai demokrasi, c) nilai kesetaraan, dan d) nilai keadilan. Penyapaian nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI kurikulum 2013 meliputi :a) Membangun Sikap Anti Diskriminasi Terhadap Perbedaan Kemampuan, b)Membangun Sensitivitas Gender, c) Membangun Keberagaman Inklusif, d) Menghargai Keragaman Bahasa, d) Membangun Sikap Anti Diskriminasi Etnis, e) Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Implementasi pembelajaran PAI yang menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural mengalami beberapa faktor penghambat, diantaranya: a) Kurangnya sarana dan prasarana, b) Kurangnya persiapan perangkat pembelajaran c) Perbedaan latar belakang pemahaman dan sempitnya wawasan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Ro'fah, MSW., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: PAI, Kurikulum 2013, Pendidikan Multikultural
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:46
Last Modified: 04 Dec 2017 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28104

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum