PERAN BIMBINGAN SPIRITUAL PADA KORBAN KDRT DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA

FIQHIYAH RAHMATIAH, NIM. 1320412173 (2017) PERAN BIMBINGAN SPIRITUAL PADA KORBAN KDRT DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BIMBINGAN SPIRITUAL PADA KORBAN KDRT DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
1320412173_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN BIMBINGAN SPIRITUAL PADA KORBAN KDRT DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
1320412173_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

FIQHIYAH RAHMATIAH. Peran Bimbingan Spiritual Pada Korban KDRT Di Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017 Latar belakang masalah ini adalah tantangan bagi Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “ Rekso Dyah Utami” Yogyakarta, dalam menghadapi maraknya kasus kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi dikalangan masyarakat, yang mana apabila hal tersebut dibiarkan, maka akan berdampak pada semakin meningkatnya kasus perceraian yang disebabkan oleh KDRT, maka dari itu perlu adanya upaya perbaikan dan peningkatan layanan bimbingan spiritual yang dilakukan oleh konselor kerohanian di Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “ Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif, yang terfokus pada proses dan peran konselor kerohanian dalam memberikan bimbingan spiritual pada korban KDRT. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pengelola dan konselor kerohanian Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “ Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Objek Penelitian ini adalah peran dan proses bimbingan spiritual yang diberikan oleh konselor kerohanian Yogyakarta terhadap korban kekerasan dalam rumah tangga di Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “ Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa peran bimbingan spiritual P2TPA pada korban KDRT di “Rekso Dyah Utami” adalah sebagai berikut: 1) Memberikan edukasi pernikahan, 2) Memberikan pemahaman tentang perceraian. 3) Membantu memberikan solusi terhadap masalah, 4) Membantu korban KDRT, untuk memahami permasalahnnya, 5) Membantu korban untuk mengambil keputusan yang bijak, 6) Membantu menguatkan mental korban dalam permasalahannya, 7) Memberikan motivasi terhadap korban, 8) Mendekatkan korban kepada Tuhannya. Dan proses bimbingan spiritual di P2TPA “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta adalah sebagai berikut: 1) Mengidentifikasi masalah, 2) Mendiagnosa kasus, 3) Mengkomunikasikan kondisi klien, 4) Memberikan konseling, 5) Merekomendasikan kepada konselor lain, 6) Mendampingi korban ke rumahnya, 7) Menjaga privasi, 8) Mengevaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran, Bimbingan, Spiritual, Kekerasan dalam Rumah Tangga
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:51
Last Modified: 01 Nov 2017 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum