PENGEMBANGAN BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KE DALAM BENTUK APLIKASI ANDROID

Muhammad Arif, NIM. 1320412202 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KE DALAM BENTUK APLIKASI ANDROID. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KE DALAM BENTUK APLIKASI ANDROID)
1320412202_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KE DALAM BENTUK APLIKASI ANDROID)
1320412202_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

MUHAMMAD ARIF, Pengembangan Buku Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Ke Dalam Bentuk Aplikasi Android. Tesis. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini berangkat dari semakin populernya smartphone berbasis operasi sistem Android yang sudah lazim digunakan oleh berbagai kalangan, tidak terkecuali siswa/santri. Sudah menjadi kewajiban bagi tenaga pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran agar proses bejalar mengajar semakin mudah dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan aplikasi pembelajaran bahasa Arab madrasah tsanawiyah berbasis android. Selain itu juga untuk mengetahui respon siswa/santri terhadap aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan R&D (research and development). Pengembangan media pembelajaran aplikasi android ini dilakukan dalam empat tahap, yaitu: (1) Melakukan perencanaan desain, (2) pengembangan aplikasi android, (3) mengevaluasi produk berdasarkan masukan para ahli, (4) melakukan uji coba lapangan. Hasil penelitian berupa aplikasi buku pelajaran bahasa Arab madrasah tsanawiyah kelas VII ini bisa diunduh pada link: https://is.gd/wIcg7g. Aplikasi ini mempunyai halaman utama yakni halaman yang berisi materi dan soal latihan. Setelah dilakukan uji validasi oleh ahli multimedia, diketahui rerata total untuk aspek desain/pemrograman adalah 4,09 dengan kategori sangat baik. Dari aspek materi oleh ahli materi diketahui rerata total 4,42 dengan kategori sangat baik. Adapun tanggapan/respon 16 orang siswa/santri terhadap kualitas aplikasi yang dikembangkan pada aspek tampilan dan pemrograman rerata total 3,66 dengan kategori baik. Sedangkan dari aspek materi dan pembelajaran rerata total skor 3,72 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari aspek tersebut, aplikasi ini sudah layak untuk digunakan membantu proses pembelajaran. Dengan demikian aplikasi media buku pelajaran bahasa Arab madrasah tsanawiyah kelas VII direspon dengan positif oleh siswa/santri dan validator ahli sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Android. Media pembelajaran. Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 15:00
Last Modified: 01 Nov 2017 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum