PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS PAILKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik) PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I

Erly Lestari, NIM.12670015 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS PAILKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik) PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS PAILKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik) PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I)
12670015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERBASIS PAILKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik) PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I)
12670015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Badan Standar Nasional Pendidikan (2010: 43) merumuskan bahwa pendidikan nasional abad-21 diarahkan pada sebuah konsep pendidikan yang diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Dengan demikian, pendidik dituntut untuk memiliki kemampuan yang didukung dengan referensi yang baik terkait pengelolaan pembelajaran. Pembelajaran didesain secara aktif untuk mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan sebuah buku panduan pendidik yang dapat digunakan pendidik sebagai bahan dalam mendesain sebuah pembelajaran berbasis PAILKEM. PAILKEM adalah sinonim dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji karakteristik serta kualitas dari produk yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dengan metode 4D (Define, Design, Development, Desseminate) yang dibatasi sampai pada tahap Development. Pengkajian karakteristik dan kualitas produk dilakukan dengan pemberian instrumen penilaian kualitas produk buku panduan pendidik oleh dosen ahli (materi, pembelajaran, dan media) dan pendidik kimia berupa skala penilaian. Penilaian meliputi tiga belas aspek yang kemudian diperoleh data kualitatif dan dilakukan analisis untuk menentukan kualitas produk yang meliputi penulisan organisasi buku panduan pendidik, kelayakan isi, penyajian, bahasa dan/ atau ilustrasi serta kegrafikan. Karakteristik buku panduan pendidik berbasis PAILKEM berupa buku cetak yang di dalamnya memuat penjelasan mengenai PAILKEM dan perangkat pembelajaran yang terkait langsung dengan strategi PAILKEM, mengombinasi dua model pembelajaran dalam satu pertemuan, serta materi pokok dilengkapi dengan penurunan rumus. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa buku panduan pendidik yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian dari tiga dosen ahli dan pendidik kimia, yaitu persentase keidealan 80% dari ahli materi, 93,85% dari ahli pembelajaran, dan 94,29% dari ahli media serta persentase keidealan 88,119% dari pendidik kimia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan pendidik yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan referensi bagi pendidik dalam mendesain sebuah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Panduan Pendidik, Termokimia, PAILKEM.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 15:22
Last Modified: 01 Nov 2017 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum