PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENDETEKSI BANJIR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X

M. Khotibul Umam, NIM.12670029 (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENDETEKSI BANJIR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENDETEKSI BANJIR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X)
12670029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENDETEKSI BANJIR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X)
12670029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan alat peraga pembelajaran berupa alat peraga pendeteksi banjir yang digunakan sebagai sumber belajar materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk SMA/MA kelas X. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis karakteristik alat peraga pendeteksi banjir sebagai sumber belajar materi larutan elektrolit dan non elektrolit; (2) melakukan uji kualitas alat peraga pendeteksi banjir berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media; (3) melakukan uji respon pengguna oleh pendidik dan peserta didik. Proses pengembangan alat peraga menggunakan model pengembangan 4-D yang dilakukan dengan tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Akan tetapi tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan finansial. Alat peraga ditinjau oleh dosen pembimbing, tiga orang peer reviewer, satu dosen ahli materi dan satu dosen ahli media, serta respon pengguna dilakukan oleh tiga pendidik SMA/MA dan 12 respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan alat peraga pendeteksi banjir yang dapat digunakan sebagai sumber belajar materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Hasil penelitian dan pengembangan alat peraga pendeteksi banjir berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas alat peraga pendeteksi banjir Baik (B) dengan skor 14 dan persentase keidealan 82,35%. Penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas alat peraga Baik (B) dengan skor 15 dan persentase keidealan 88,23%. Hasil respon pengguna oleh tiga pendidik SMA/MA menunjukkan bahwa alat peraga dapat diterima baik dengan skor 76,67 persentase keidealan sebesar 90,2% sedangkan respon peserta didik terhadap alat peraga pendeteksi banjir dapat diterima baik dengan skor 16,75 dan persentase keidealan 98,53%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Karmanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: penelitian dan pengembangan (R&D), alat peraga, larutan elektrolit dan non elektrolit
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:29
Last Modified: 01 Nov 2017 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28113

Actions (login required)

View Item View Item