EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CHEMDRAW SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MATERI POKOK BENZENA DAN TURUNANNYA DI SMA NEGERI 1 KARANGMOJO

Putri Ashrina Setyowati, NIM. 13670004 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CHEMDRAW SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MATERI POKOK BENZENA DAN TURUNANNYA DI SMA NEGERI 1 KARANGMOJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CHEMDRAW SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MATERI POKOK BENZENA DAN TURUNANNYA DI SMA NEGERI 1 KARANGMOJO)
13670004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CHEMDRAW SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MATERI POKOK BENZENA DAN TURUNANNYA DI SMA NEGERI 1 KARANGMOJO)
13670004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) efektivitas penggunaan media pembelajaran Chemdraw terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia materi benzena dan turunannya kelas XII, serta (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran Chemdraw terhadap kreativitas berpikir peserta didik pada mata pelajaran kimia materi benzena dan turunannya kelas XII. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest, angket kreativitas berpikir, serta lembar observasi kreativitas berpikir. Pengukuran hasil belajar menggunakan soal pretest dan posttest. Pengukuran kreativitas berpikir menggunakan angket kreativitas berpikir dan pengukuran kreativitas berpikir saat pembelajaran menggunakan lembar observasi kreativitas berpikir. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji statistika yaitu uji t, teknik analisis data angket kreativitas berpikir menggunakan uji statistika nonparametrik yaitu uji Mann-Whitney, dan teknik analisis data lembar observasi kreativitas berpikir menggunakan skor acuan penilaian lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan media pembelajaran Chemdraw tidak efektif terhadap hasil belajar peserta didik dan (2) penggunaan media pembelajaran Chemdraw berpengaruh terhadap kreativitas berpikir peserta didik pada indikator mencetuskan dan menghasilkan banyak gagasan yang bervariasi, memberikan banyak cara untuk melakukan berbagai hal, melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda, melahirkan ungkapan yang baru dan unik, memikirkan cara yang berbeda untuk mengungkapkan jawaban, memperkaya dan mengembangkan gagasan, memperinci detail-detail dari suatu gagasan menjadi lebih menarik, memberikan penilaian diri pada hasil kerja, serta menentukan suatu pertanyaan dan gagasan benar atau tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas berpikir, hasil belajar kognitif, media pembelajaran Chemdraw
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:41
Last Modified: 01 Nov 2017 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28117

Actions (login required)

View Item View Item