Identifikasi Kemampuan Membangun dan Menganalisis Konsep Dasar Hukum Kimia Menggunakan Metode Discovery dan Teknik Probing Prompting

Shavitri Budi Cahyaniningtyas, NIM. 13670010 (2017) Identifikasi Kemampuan Membangun dan Menganalisis Konsep Dasar Hukum Kimia Menggunakan Metode Discovery dan Teknik Probing Prompting. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MEMBANGUN DAN MENGANALISIS KONSEP DASAR HUKUM KIMIA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DAN TEKNIK PROBING PROMPTING)
13670010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MEMBANGUN DAN MENGANALISIS KONSEP DASAR HUKUM KIMIA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DAN TEKNIK PROBING PROMPTING)
13670010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui hasil identifikasi kemampuan membangun dan kemampuan menganalisis konsep dasar hukum kimia, serta pengaruh penerapan metode discovery dan teknik probing prompting terhadap kemampuan tersebut. Penelitian merupakan penelitian mixed methode dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Desain tersebut digunakan untuk mengetahui ada tidaknya kemampuan membangun dan menganalisis dalam diri peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon yang berjumlah 195 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 1 berjumlah 24 peserta didik berdasarkan metode purposive sampling. Hasil identifikasi kemampuan membangun dan kemampuan menganalisis konsep dasar peserta didik diperoleh dengan metode angket dan lembar observasi yang selanjutnya dianalisis dengan persentase skor untuk setiap aspek yang diukur untuk mengetahui kategori pencapaian indikator peserta didik. Sedangkan pengaruh penerapan treatment terhadap kemampuan membangun dan kemampuan menganalisis konsep dasar diketahui dengan metode tes menggunakan soal-soal hukum kimia, selanjutnya dilakukan perhitungan persentase skor untuk setiap indikator yang dicapai peserta didik dan uji Paired Samples T-test. Hasil identifikasi kemampuan membangun konsep dasar diperoleh peserta didik berada pada kategori sedang begitu juga pada hasil identifikasi kemampuan menganalisis konsep dasar. Ditunjukkan dengan hasil pengkategorian hasil persentase rata-rata perhitungan untuk setiap aspek yang diukur dalam angket dan lembar observasi. Sedangkan pengaruh penerapan metode discovery dan teknik probing prompting terhadap kemampuan membangun dan kemampuan menganalisis konsep dasar hukum kimia ditunjukkan dengan nilai , yaitu 3,12 2,063, dan peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 22,42 menjadi 69,75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: metode discovery, teknik probing prompting, kemampuan membangun konsep kimia, dan kemampuan analisis konsep kimia.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:44
Last Modified: 02 Nov 2017 01:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28123

Actions (login required)

View Item View Item