PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Siti Fatimah, NIM. 1320412262 (2017) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1320412262_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1320412262_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Fatimah, Pengembangan Kurikulum Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kurikulum merupakan salah satu komponen terpenting dalam pendidikan yang harus selalu dikembangkan secara berkala setelah dilakukan evaluasi terhadapnya supaya mampu beradaptasi dengan tuntutan global. Demikian yang telah diakukan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2016, yaitu melakukan pengembangan kurikulum sesuai perintah yang tercantum dalam Peraturan Presiden Repubik Indonesia nomor 8 tahun 2012 dan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 73 tahun 2013. Ada empat isu utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) gambaran desain kurikulum Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Uin Sunan Kalijaga Berbasis KKNI; 2) mekanisme penyusunannya, 3) implementasinya dalam pembelajaran; 4) kesesuaian dengan aturan dalam Buku panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang disusun oleh Tim Belmawa-Dikti. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Untuk pengumpuan data penelitian, dilakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan trianggulasi. Kemudian dalam menganalisis data, peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Peneliti melihat beberapa poin penting dalam desain kurikulum 2016 Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan kalijaga yang mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yaitu: a) perubahan visi dan misi dengan menambahkan aspek integrasi-interkoneksi (studi keislaman dengan studi kebahasaan dan kesusastraan Arab), penambahan sattu profil lulusan (Peneliti Bahasa Arab) yang semula hanya ditentukan tiga profil, yaitu Linguis Arab, Peneliti Sastra Arab, dan Penerjemah; b) perubahan struktur kurikulum (penggabungan beberapa mata kuliah, penambahan mata kuliah baru, perubahan nama mata kuliah, penambahan/pengurangan bobot sks, serta distribusi atau sebaran mata kuliah di setiap semester); c) kurikulum 2016 berbasis KKNI ini telah diberlakukan di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab selama dua semester; d) langkah-langkah penyusunan kurikulum 2016 berbasis KKNI ini seara garis besar sudah sesuai dengan apa yang tertuis di Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang diusun oleh Tim Belmawa (Pembelajaran dan Kemahasiswaan), Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2014.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Kurikulum Pendidikan Tinggi, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 09:09
Last Modified: 02 Nov 2017 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28127

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum