PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DIPADUKAN DENGAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID

Desi Ratna Sari, NIM.13670020 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DIPADUKAN DENGAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DIPADUKAN DENGAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID)
13670020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DIPADUKAN DENGAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID)
13670020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Proses pengembangan kreativitas dapat terjadi melalui pembelajaran dengan model pembelajaran yang tepat. Aspek kreatif otak memungkinkan peserta didik untuk mencapai penguasaan yang lebih besar. Tujuan penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Gallery Walk dipadukan dengan TSTS terhadap kemampuan berpikir kreatif berdasarkan tes tertulis. Tujuan penelitian kedua yaitu untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Gallery Walk dipadukan dengan TSTS terhadap sikap kreatif berdasarkan pada lembar angket dan lembar observasi. Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen. Desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPA SMA N 5 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Gallery Walk dipadukan dengan TSTS dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir dan sikap kreatif peserta didik. Perlakuan yang diberikan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Teknik pengumpulan data untuk mengkaji kemampuan berpikir kreatif menggunakan instrumen 10 soal uraian. Teknik nontes dengan lembar angket dan lembar observasi untuk mengukur sikap kreatif. Teknik analisis data kemampuan berpikir kreatif dengan uji t dua sampel indepen dan analisis data sikap kreatif pada lembar angket dan observasi dengan Mann Whitney U-Test. Analisis data dengan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Gallery Walk dipadukan dengan TSTS memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir peserta didik meliputi ketrampilan berpikir lancar, luwes, orisinal, memperinci, dan menilai. Uji t skor N-Gain kelas eksperimen dan kontrol memiliki nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 yang berarti bahwa signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau Ho ditolak. Model pembelajaran Gallery Walk dipadukan dengan TSTS memberikan pengaruh signifikan terhadap sikap kreatif peserta didik berdasarkan lembar angket dan lembar observasi meliputi rasa ingin tahu, bersifat imajinatif, merasa tertantang oleh kemajemukan, berani mengambil resiko, dan menghargai. Hasil uji Mann Whitney U-Test lembar angket dan lembar observasi yaitu 0,036 dan 0,049 berarti bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kuasi eksperimen, perpaduan model pembelajaran Gallery Walk dan Two Stay Two Stray (TSTS), kemampuan berpikir dan sikap kreatif
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:21
Last Modified: 02 Nov 2017 02:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28129

Actions (login required)

View Item View Item