PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SMA/MA KELAS XII SEMESTER GANJIL

Alfiyani Lestari, NIM.13670022 (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SMA/MA KELAS XII SEMESTER GANJIL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SMA/MA KELAS XII SEMESTER GANJIL)
13670022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SMA/MA KELAS XII SEMESTER GANJIL)
13670022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan modul kimia yang mengaitkan kimia dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang kewirausahaan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu menguji kualitas produk yang dikembangkan dan menguji keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan produk yang dikembangkan. Pengembangan ini menggunakan model 4-D, yaitu define, design, development, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan pada dosen pembimbing dan dilakukan penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, 3 Peer Review, 3 guru kimia, dan 10 peserta dengan menggunakan angket. Uji keterlaksanaan diamati oleh 3 observer dengan menggunakan lembar observasi dan direspon oleh 30 peserta didik dengan mengisi angket respon. Data yang diperoleh dianalisis guna mengetahui kualitas modul kimia dan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian kualitas dari ahli media 86,84% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli materi 82,14% kategori Sangat Baik (SB), guru kimia 83,33% kategori Sangat Baik (SB), dan peserta didik 87,5% kategori Sangat Baik (SB). uji keterlaksanaan memperoleh persentase rata-rata 90,3% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan direspon sangat positif oleh peserta didik dengan perolehan persentase sebesar 91,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, modul, inkuiri terbimbing, Chemo- Entrepreneurship, sifat koligatif larutan
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 09:41
Last Modified: 02 Nov 2017 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28131

Actions (login required)

View Item View Item