PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 SEWON

Khairunnisa, NIM.13670024 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 SEWON)
13670024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 SEWON)
13670024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia dan sikap kreativitas kimia peserta didik. Kajian pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu soal essay untuk mengukur indikator kreativitas berpikir yaitu kelancaran, orisinil, dan evaluasi. Data pretest dan posttest selanjutnya diolah untuk mendapatkan data nilai kreativitas berpikir kognitif kimia. Analisis menggunakan uji statistika parametrik uji t untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia peserta didik. Sedangkan untuk kajian pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap sikap kreativitas kimia peserta didik dilakukan dengan metode self assessment. Instrumen yang digunakan berupa angket. Analisis data skor hasil sikap kreativitas kimia dilakukan menggunakan uji statistika non parametrik uji Mann Whitney untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap sikap kreativitas kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia dan sikap kreativitas kimia peserta didik. Hasil uji statistika terhadap kreativitas berpikir kognitif kimia diperoleh nlai sig. (2-tailed) sebesar 0,018. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor kreativitas berpikir kognitif kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistika terhadap sikap kreativitas kimia peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor skala kemampuan kreativitas berpikir kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Treffinger mampu meningkatkan kreativitas berpikir kimia pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asih Widi Wisudawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kelarutan dan Ksp, kreativitas berpikir, dan model pembelajaran Treffinger.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 09:56
Last Modified: 02 Nov 2017 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum