AL ADAD FI-LUGHATII AL-ARABIYAH FI AL-INJILIZIYAH DIRASAH TAHLILIYAH TAQABILIYAH

HERLIN PUSPIKA SARI - NIM. 05110023 , (2009) AL ADAD FI-LUGHATII AL-ARABIYAH FI AL-INJILIZIYAH DIRASAH TAHLILIYAH TAQABILIYAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahasa Arab dan bahasa Inggris merupakan dua bahasa yang memiliki peran penting di dunia. Bahasa Arab sangat berkaitan erat dengan agama islam mengingat bahasa ini digunakan sebagai perantara Tuhan dalam menyampaikan wahyuNya. Sebagai bahasa pergaulan dunia bahasa Inggris bukan hanya sebagai kebutuhan akademis, melainkan sebagai media komunikasi global. Dalam hal ini, bahasa Inggris harus dikuasai secara aktif baik lisan maupun tulisan. Bahasa Arab dan bahasa Inggris sama-sama memiliki kata bilangan, yaitu suatu kata yang menerangkan bilangan atau menunjukkan banyaknya suatu benda secara pasti. Kata bilangan dalam bahasa Arab disebut dengan al-'adad, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan numeral. Kata bilangan dalam bahasa Arab dan inggris sama-sama terbagi dua 1.(Cardinal Number) ma yajri 'ala qiyas Contoh: My uncle has three houses / 'inda 'ammi tsalatsah buyut 2.(Ordinal Number) ma yajri 'ala 'aks al qiyas Contoh: That girl is my first sister /tilka al nisa' uhtii wahidah Ternyata tidak semua susunan kalimat dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab itu sama, diantaranya sebagaimana yang tertera pada contoh diatas dengan menggunakan kata bilangan. Jadi, Persamaan dan perbedaan dari dua bahasa yang ditemukan sesuai dengan analisis kontrastif yaitu bertujuan untuk menemukan persamaan dan perbedaan dari dua bahasa yang dibandingkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DRS. HM. PRIBADI, MA, M.SI
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab dan Inggris, media komunikasi global, kata bilangan, analisis kontrastif
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item View Item