PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SALLERING DAN TSTS PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Markisinta Tusri Ningsih, NIM. 13670029 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SALLERING DAN TSTS PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SALLERING DAN TSTS PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK)
13670029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SALLERING DAN TSTS PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK)
13670029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Sallering dan TSTS terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Kajian pengaruh model pembelajaran Sallering dan TSTS terhadap keaktifan peserta didik dilakukan dengan metode observasi. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan lembar observasi keaktifan untuk mengukur indikator kemampuan mengemukakan pendapat, merespon pertanyaan atau pernyataan, dan respect. Data angket dan lembar observasi selanjutnya diolah untuk mendapatkan data skor keaktifan. Analisis pengaruh model Sallering dan TSTS terhadap keaktifan dilakukan dengan menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann Whitney untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan untuk kajian pengaruh model Sallering dan TSTS terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Analisis data skor yang digunakan menggunakan uji statistik parametrik independent sample t-test untuk mengkaji adanya pengaruh model pembelajaran. Hasil uji statistik terhadap skor keaktifan diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor keaktifan peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistik terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan ini penggunaan model pembelajaran Sallering dan TSTS mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dan juga hasil belajar dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Khamidinal, M.Si
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif , keaktifan, model pembelajaran Sallering , TSTS
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:28
Last Modified: 02 Nov 2017 03:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28140

Actions (login required)

View Item View Item