MULTIKULTURALISME DALAM PERSPEKTIF M QURAISH SHIHAB DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Analisis atas Kitab Tafsir Al-Misbah)

Afdhol Abdul Hanaf, NIM. 1420410006 (2017) MULTIKULTURALISME DALAM PERSPEKTIF M QURAISH SHIHAB DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Analisis atas Kitab Tafsir Al-Misbah). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MULTIKULTURALISME DALAM PERSPEKTIF M QURAISH SHIHAB DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Analisis atas Kitab Tafsir Al-Misbah))
1420410006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MULTIKULTURALISME DALAM PERSPEKTIF M QURAISH SHIHAB DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Analisis atas Kitab Tafsir Al-Misbah))
1420410006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

AFDHOL ABDUL HANAF. Multikulturalisme dalam Perspektif M. Quraish Shihab dan Implikasinya pada Pendidikan Agama Islam (Analisis atas Kitab Tafsir al-Mishbah). Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, prodi Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini berangkat dari kegelisahan, di mana rentetan panjang sejarah konflik bangsa Indonesia tidak lepas dari kesalahan dan kedangkalan dalam memahami agama (al-Qur‟an). Mereka terlalu memperhatikan sisi formal keagamaan sehingga substansinya pun dilupakan. Bahkan, sebagian dari mereka menjadikan hukum-hukum formal agama sebagai Tuhan. Pada ranah pendidikan agama Islam pun mengalami kegagalan, di mana pendidikan agama Islam belum mampu mentransformasikan nilai-nilai moral kepada peserta didik. Melalui penafsiran al-Qur‟an yang ditulis oleh Muhammad Quraish Shihab di dalam kitab tafsir al-Mishbah, diharapkan mampu membedah secara mendalam akan multikulturalisme pada al-Qur‟an yang kemudian dapat digunakan untuk perbaikan pendidikan agama Islam di sekolah menengah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep multikulturalisme menurut Muhammad Quraish Shihab dalam kitab Tafsir al-Mishbah dan bagaimana implikasi multikulturalisme tersebut terhadap pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Sumber data primer yang digunakan adalah kitab Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an volume 1-15 karya Muhammad Quraish Shihab. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Adapun metode analisa data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, verivikasi data, dan content analysis atas ayat-ayat al-Qur‟an dan interpretasi Muhammad Quraish Shihab tentang multikultural di dalam kitab Tafsir al-Mishbah. Hasil analisa menunjukkan bahwa: pertama, konsep multikulturalisme menurut Muhammad Quraish Shihab dalam kitab Tafsir al-Mishbah adalah paham dan pengakuan di mana Allah Swt secara sengaja menjadikan umat manusia dengan beragam suku, ras, bahasa, budaya, agama, dan keunikan-keunikan lain dengan tujuan untuk saling mengenal, saling menolong, dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Keragaman inilah yang nantinya akan membawa kepada kemaslahatan umat manusia. Kedua, pemahaman multikultural berimplikasi pada materi dan metode pendidikan agama Islam. Materi PAI dikembangkan dengan membawa semangat multikultural, yakni dengan memasukkan nilai-nilai khas multikultural ke dalam materi tersebut. Adapun metode pembelajaran mengacu kepada metode-metode yang terdapat di dalam al-Qur‟an, seperti metode kisah, diskusi, kontekstual, dan pembiasaan. Meskipun demikian, metode pembelajaran haruslah variatif dan membawa semangat multikultural.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M A,
Uncontrolled Keywords: Multikulturalisme, M. Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 10:47
Last Modified: 02 Nov 2017 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum