PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (Studi kasus di Pondok Pesantren Qoshrul Qur’an Karanganom Klaten)

Nurkholis, NIM. 1420411024 (2017) PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (Studi kasus di Pondok Pesantren Qoshrul Qur’an Karanganom Klaten). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (Studi kasus di Pondok Pesantren Qoshrul Qur’an Karanganom Klaten))
1420411024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (Studi kasus di Pondok Pesantren Qoshrul Qur’an Karanganom Klaten))
1420411024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Nurkholis, Program Lingkungan Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Qoshrul Quran Karanganom Klaten). Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan program lingkungan Bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab di Ponpes Qoshrul Quran dan (2) mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Arab di Pondok Pesantren Qoshrul Qur’an Karanganom Klaten (3) mengetahui kelebihan dan kekurangan pelaksanaan program lingkungan Bahasa Arab di Ponpes Qoshrul Quran Karanganom Klaten tersebut. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis evaluatif. Pondok Pesantren Qoshrul Quran Karanganom Klaten adalah salah satu pondok pesantren yang menyelenggarakan pendidikan tahfidz Al-Qur’an sebagai ciri khasnya, serta menyelenggarakan pendidikan pesantren dengan kurikulum Kulliyyah al-Mu’allimīn al-Islāmiyah (KMI) yang di dalam kurikulumnya didominasi pengajaran Bahasa Arab serta menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa percakapan sehari-hari santri. Walaupun para santri setiap hari menghafalkan Al-Qur’an yang memerlukan konsentrasi, ternyata prestasi kebahasa Araban santri juga tergolong baik. Keunikan dan kekhasan tersebutlah yang menurut penulis menjadi bagian alasan untuk diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, pengurus bahasa melaksanakan pembelajaran bahasa Arab dengan mengadakan program-program pembelajaran bahasa Arab yang sangat intensif, di luar mata pelajaran formal yang ada di dalam kelas, meliputi: ad-dars al-iḍāfy, ilqā’ al-mufradāt, insyā’ yaumi, muhāḍarah, muhādaṡah usbū’iyah dan iṣlāh al-lugah (2) faktor-faktor yang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Arab: Pertama, faktor psikologis, yang meliputi kegiatan pembelajaran dan strategi pembelajarannya. Kedua, faktor kepribadian yang meliputi harkat, kesediaan berkomunikasi, pengambilan resiko, kecemasan, dan motivasi. Ketiga, faktor sosial budaya manusianya. Adapun kelebihan dan kekurangan program sebagai berikut: a. Kelebihan program: program lingkungan bahasa Arab ini diprogramkan secara resmi, sehingga mendapat perhatian lebih, program sudah menyentuh seluruh aspek keterampilan berbahasa Arab, adanya kewajiban berbahasa Arab dalam percakapan sehari-hari di luar program pembelajaran sangat membantu santri dan pengurus bahasa dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, meningkatkan kepercayaan diri santri saat harus tampil di depan publik, program tersebut tidak membutuhkan biaya yang mahal, sehingga bisa dengan mudah dilaksanakan, memiliki sistem kaderisasi yang menjadikan program tersebut bisa diestafetkan, program lingkungan bahasa Arab ini juga dapat membantu santri memahami ayat-ayat yang dihafalkan. b. Kekurangan program: tidak adanya punishment terhadap santri yang melakukan pelanggaran, sarana prasarana pondok yang masih belum modern akan sedikit menghambat kegiatan, jumlah pengurus bahasa yang sedikit akan menjadikan mereka kesulitan dalam mengawasi dan mengingatkan semua santri untuk selalu berbahasa Arab, penggabungan pada pembelajaran semua jenjang santri berpengaruh negatif terhadap peningkatan keterampilan bahasa Arab santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhammad Amin, Lc., MA.,
Uncontrolled Keywords: keterampilan, bahasa Arab, lingkungan , program.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 11:10
Last Modified: 02 Nov 2017 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28156

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum