PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK KONSEP MOL

Khodijah Fitriana Dewi, NIM.13670045 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK KONSEP MOL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK KONSEP MOL)
13670045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK KONSEP MOL)
13670045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajarn berbasis masalah mengarahkan siswa dapat mandiri membangun pengetahuannya. Salah satu kemampuan siswa belajar mandiri adalah kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desaign yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis yang meliputi kemampuan mengorganisir informasi, kemampuan menganalisis argumen dan kemampuan mengemukakan penjelasan apabila memungkinkan pada materi pokok konsep mol. Penelitian ini dilakukan di MA An Nur Ngrukem Bantul kelas X MIA semester genap tahun pelajaran 2016/ 2017 pada materi pokok konsep mol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 1(sebagai kelas kontrol) dan kelas X MIA 2(sebagai kelas eksperrimen). Kajian pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis menggunakan metode tes. Intrumen yang digunakan berupa soal kemampuan berpikir kritis. Analisis data skor kemampuan berpikir kritis dilakukan menggunakan uji statistik parametrik uji t untuk mengakaji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah. Hasil uji statistika terhadap skor kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 ≤ (0,05) untuk postes. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikasi dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Karmanto, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, kuasi eksperimen, model pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 11:27
Last Modified: 02 Nov 2017 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28160

Actions (login required)

View Item View Item