IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA/ MA MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DALAM MEMAHAMI KONSEP STRUKTUR ATOM

Ana Nisa-u Sa’idah, nim.13670047 (2017) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA/ MA MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DALAM MEMAHAMI KONSEP STRUKTUR ATOM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA/ MA MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DALAM MEMAHAMI KONSEP STRUKTUR ATOM)
13670047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA/ MA MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DALAM MEMAHAMI KONSEP STRUKTUR ATOM)
13670047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar kimia dan menganalisis pola kesulitan belajar kimia pada peserta didik kelas X MIA pada konsep struktur atom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 3 MAN Kembangsawit tahun ajaran 2016/2017 yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep struktur atom. Teknik pengumpulan data untuk mengidentifikasi kesulitan belajar menggunakan tes diagnostik berupa tes two-tier multiple choice, sedangkan untuk menganalisis kesulitan belajar pada peserta didik menggunakan pedoman wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep struktur atom. Kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik terjadi pada subkonsep model atom (65,625%), subkonsep percobaan Rutherford (89,58%), subkonsep lambang unsur (33,33%), subkonsep konfigurasi elektron (89,585%), subkonsep isotop, isoton, dan isobar (54,165%), subkonsep pertikel (77,77%), subkonsep penyusun materi (86,11%), subkonsep simbol molekul dan senyawa (37,5%). Pola-pola kesulitan yang dialami peserta didik pada konsep struktur atom yang pertama adalah peserta didik memahami konsep struktur atom, tetapi kesulitan dalam mengimplementasikan kedalam soal. Pola kesulitan yang kedua adalah peserta didik kesulitan memahami konsep struktur atom dan kesulitan mengimplementasikan konsep kedalam soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asih Widi Wisudawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar kimia, struktur atom, two-tier multiple choice
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 13:35
Last Modified: 02 Nov 2017 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum