PERGESERAN PARADIGMA KEISLAMAN NAHDLATUL ULAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN INSTITUSI PENDIDIKAN NAHDLATUL ULAMA

Tejo Waskito, NIM. 1420411059 (2017) PERGESERAN PARADIGMA KEISLAMAN NAHDLATUL ULAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN INSTITUSI PENDIDIKAN NAHDLATUL ULAMA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERGESERAN PARADIGMA KEISLAMAN NAHDLATUL ULAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN INSTITUSI PENDIDIKAN NAHDLATUL ULAMA)
1420411059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERGESERAN PARADIGMA KEISLAMAN NAHDLATUL ULAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN INSTITUSI PENDIDIKAN NAHDLATUL ULAMA)
1420411059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tejo Waskito (1420411059) : Pergeseran Paradigma Keislaman Nahdlatul Ulama dan Implikasinya terhadap Pengembangan Institusi Pendidikan Nahdlatul Ulama. Kemunculan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di puncak pimpinan sekaligus figur lokomotif gerakan kultural NU merupakan titik awal dalam kilas balik sejarah NU. Kemunculan tokoh tersebut menandai terjadinya revolusi paradigmatik yang secara historis terjadi pada tahun 1984 ketika Muktamar NU di Situbondo, yakni mengembalikan posisi NU “kembali ke khittah 1926” setelah sebelumnya menjadi partai politik. Kembalinya NU ke khittah tidak hanya menempatkan NU dalam posisi semula. Tetapi, secara bersamaan khittah telah melahirkan paradigma baru dalam keislaman NU. Ini dibuktikan dengan kian menjamurnya wacana sosialintelektual (syu’un ijtima’iyyah) dikalangan generasi muda NU sebagai respon terhadap pergolakan itu, sehingga, pada gilirannya melahirkan sejumlah tuntutan pembaharuan. Baik pembaharuan di bidang pemikiran, arah gerakan, maupun pembaharuan di bidang institusi pendidikan. Karenanya, mencari kelindan antara pergeseran paradigma keislaman NU dengan pengembangan sejumlah institusi pendidikan NU menjadi kausalitas logis untuk melakukan penelitian. Secara mekanis, penelitian ini merupakan library research, menggunakan analisis data kualitatif dengan penyajian bersifat deskriptif-anaitik. Pendekatan yang digunakan adalah „historis-hermeneutis‟ dan „filosofis-rasionalistis‟. Selain mengkaji organisasi, penelitian ini juga melacak akar epistemologi pemikiran tokoh Abdurrahman Wahid dengan memposisikannya sebagai lokomotif gerakan kultural pemikiran keislaman NU. Untuk menghubungkan antara dimensi pemikiran, organisasi dan praktik pengembangan institusi pendidikan, peneliti memodifikasi rumusan pendekatan “generatif” Pierre Bourdieu mengenai praktik sosial dengan persamaan: “(Habitus X Modal) + Arena = Praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pergeseran paradigma keislaman NU dilatar belakangi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal diakibatkan oleh terjadinya revolusi paradigmatik tahun 1984 di Situbondo yang ditandai oleh kembalinya NU “ke Khittah 1926”. Faktor eksternal meliputi: 1) Terjadi mobilitas sosial-intelektual di kalangan anak muda NU sehingga mengurangi isolasi warga NU; 2) Adanya tokoh sentral sebagai lokomotif gerakan kultur-sosial-intelektual di tubuh NU; 3) Proyek pengembangan pesantren melalui P3M yang melibatkan sejumlah tokoh NU; 4) Berdirinya IAIN hampir disetiap propinsi yang kemudian membuka peluang bagi santri untuk mendapatkan pendidikan tinggi sehingga mengurangi isolasi kaum santri. Kedua, bentuk pergeseran paradigma keislaman NU meliputi: pergeseran teologi NU, dari Aswaja sebagai doktrin menjadi manhaj al-fikr, pergeseran tradisi fikih dari qauly ke manhajy serta pergeseran politik NU dari politik struktural ke politik kultural. Ketiga: pergeseran paradigma keislaman NU ini kemudian berimplikasi pada kelahiran institusi baru pendidikan NU, seperti institusi pesantren (Tren-Sains), Perguruan Tinggi (UNU) dan institusi pendidikan pemikiran NU (eLSAD, LKiS, Lakpesdam NU).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pergeseran Paradigma, Nahdlatul Ulama (NU), Pendidikan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 13:42
Last Modified: 02 Nov 2017 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum