Pendidikan Islam Multikultural (Telaah Terhadap Pesantren Mahasiswa Internasional K.H.Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta)

MUHAMMAD NAJIB ALFARUQ, NIM : 1420411137 (2017) Pendidikan Islam Multikultural (Telaah Terhadap Pesantren Mahasiswa Internasional K.H.Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pendidikan Islam Multikultural (Telaah Terhadap Pesantren Mahasiswa Internasional K.H.Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta))
1420411137_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (Pendidikan Islam Multikultural (Telaah Terhadap Pesantren Mahasiswa Internasional K.H.Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta))
1420411137_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Indonesia adalah negara dengan tingkat keberagaman yang luar biasa, dengan keberagaman yang tinggi ini Indonesia sering kali dihadapkan dengan konflik yang berlatar belakangkan perbedaan, baik itu perbedaan agama, suku, ataupun budaya. Dalam hal ini pendidikan agama dianggap gagal karena belum dapat menciptakan pendidikan yang rukun dan damai. Salah satu faktor kegagalan ini disebabkan oleh buruknya pengelolaan keberagaman dengan baik. Perguruan Tinggi di Indoensia yang seharusnya menjadi miniatur kerukunan kembali tercoreng karena memberi kesan buruk dalam semangat mewujudkan pendidikan yang menjunjung nilai-nilai multicultural. Universitas Muhammadiyah Surakarta (selanjutnya disebut UMS) adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi Islam yang saat ini telah melaksanakan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam multikultural bagi para mahasiswanya salah satunya melalui Pesantren Mahasiswa Internasional K.H Mas Mansur . Penelitian ini berusaha mendeskripsikan dan menganalisis tentang pendidikan Islam berbasis multikultural yang ada di Pesantren Mahasiswa Internasional K.H Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan fokus kajiannya yang mencangkup : 1) implementasi penanaman nilai-nilai Islam multikultural yang ditanamkan di Pesantren Mahasiswa Internasional K.H.Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2) implikasi nilainilai Islam multikultural yang ditanamkan di Pesantren Mahasiswa Internasional K.H.Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi nilai-nilai Islam multikultural yang ditanamkan di Pesma terpolakan menjadi dua, yaitu multicultural knowing dan multicultural felling. Multicultural knowing diberikan melalui kegiatan seperti initation progam, DAD (Darul Arqom Dasar), kajian jum‟at malam dan kuliah umum. Adapun multicultural felling ditanamkan melalui kegiatan penempatan kamar dan ISO Festival 2) Implikasinya penanaman multikultural di Pesma bukan berhenti sekedar pada multicultural knowing dan multicultural feeling, yang dari keduannya mahasantri terarahkan untuk sampai pada kondisi multicultural action untuk dapat hidup harmoni sesama manusia Kata kunci : Pendidikan Islam, Multikultural

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Zuly Qodir
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Multikultural
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 08:44
Last Modified: 06 Nov 2017 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum