HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) (Studi Kasus di Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena” Kabupaten Magelang)

Albab Adib Muhammad, NIM : 1320412268 (2017) HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) (Studi Kasus di Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena” Kabupaten Magelang). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) (Studi Kasus di Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena” Kabupaten Magelang))
1320412268_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) (Studi Kasus di Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena” Kabupaten Magelang))
1320412268_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Albab Adib Muhammad, Hak Atas Pendidikan Bagi Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH), (Studi Kasus di Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena” Kabupaten Magelang), Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini berawal dari kegelisahan terhadap tingginya angka kekerasan yang melibatkan anak. Di mana pada prosesnya kemudian anak yang dalam amanat perundang-undangan wajib mendapat hak pendidikan -termasuk anak yang berhadapan dengan hukum (ABH)- muncul sebuah kekhawatiran haknya tidak terpenuhi. Karena faktanya, ABH, terlebih anak yang berkonflik dengan hukum (AKH) pasti dikeluarkan dari sekolah di mana ia mengenyam pendidikan sebelumnya. Hal inilah yang kemudian membuat penulis melakukan penelitian di Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena” untuk mengetahui sejauh mana kekhawatiran itu dapat terjawab. Secara normatif pendidikan memang diartikan sebagai proses atau kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di lembaga pendidikan formal. Namun, tidak salah juga jika kemudian pendidikan tidak hanya dibatasi dengan pengertian tersebut. PSMP Antasena melakukan pendekatan-pendekatan yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Materi-materi yang diberikan memang tidak persis sama dengan yang ada di lembaga pendidikan formal. Namun tidak mengurangi nilai substantif dari pendidikan itu sendiri. Seperti bimbingan mental psikologi, etika sosial, termasuk juga di dalamnya bimbingan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan; (1) Pemenuhan hak atas pendidikan bagi ABH di PSMP Antasena, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pemenuhan hak atas pendidikan bagi ABH di PSMP Antasena. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena” Kabupaten Magelang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis dengan pendekatan fenomenologis yang berangkat dari fakta-fakta khusus atau fenomenafenomena yang terjadi di lapangan dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan hak pendidikan bagi anak yang berhadapan dengan hukum benar-benar diberikan. Adapun bentuknya adalah berupa bimbingan, yaitu: bimbingan psikososial (mental psikologi, etika sosial, keagamaan), bimbingan fisik dan olahraga, bimbingan keterampilan, bimbingan pengetahuan dasar, dan bimbingan seni. Adapun yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya adalah: (1) Faktor pendukung: terdapat sinergi, koordinasi, dan semangat yang baik antar semua pihak termasuk juga masyarakat sekitar, dengan dukungan sarana dan prasarana yang cukup representatif. (2) Faktor penghambat: permasalahan sosialisasi, pemahaman dan persepsi tentang UU SPPA, alokasi anggaran dan SDM pendukung (peksos) tersertifikasi masih terbatas, serta belum ada Perda turunan dari UU SPPA. Kata kunci: Hak atas Pendidikan, Anak yang Berhadapan dengan Hukum, Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Ro’fah BSW, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Hak atas Pendidikan, Anak yang Berhadapan dengan Hukum, Panti Sosial Marsudi Putra “Antasena”.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:32
Last Modified: 26 Jul 2018 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28175

Actions (login required)

View Item View Item