PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Ega Destiyanti, NIM.13670052 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN)
13670052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN)
13670052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan pembelajaran kimia adalah agar peserta didik dapat menguasai konsep-konsep, bersikap ilmiah serta dapat memahami konsep-konsep kimia yang pada akhirnya dapat menyelesaikan masalah yang ada didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem posing terhadap hasil belajar kognitif dan rasa ingin tahu peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA yang jumlah populasinya 192 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengkaji hasil belajar kognitif menggunakan pretest dan posttest dengan teknik analisis menggunakan uji t. Teknik pengumpulan data untuk mengkaji rasa ingin tahu menggunakan lembar angket dengan teknik analisis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik MAN Temanggung. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney dimana nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, 2) terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran problem posing terhadap rasa ingin tahu peserta didik MAN Temanggung. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney dimana nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif, problem posing, rasa ingin tahu
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:32
Last Modified: 26 Jul 2018 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28176

Actions (login required)

View Item View Item