PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBASIS KONSEP TRILOGI KI HADJAR DEWANTARA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA

Muamilah, NIM.13670056 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBASIS KONSEP TRILOGI KI HADJAR DEWANTARA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBASIS KONSEP TRILOGI KI HADJAR DEWANTARA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA)
13670056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBASIS KONSEP TRILOGI KI HADJAR DEWANTARA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA)
13670056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif mengajarkan peserta didik agar mampu belajar secara kelompok bersama temannya dengan cara saling menghargai pendapat dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1) ada tidaknya pengaruh model TSTS berbasis konsep trilogi Ki Hadjar Dewantara terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi pokok larutan penyangga 2) ada tidaknya pengaruh model TSTS berbasis konsep trilogi Ki Hadjar Dewantara terhadap karakter peserta didik kelas XI pada materi pokok larutan penyangga dilihat dari angket 3) ada tidaknya pengaruh model TSTS berbasis konsep trilogi Ki Hadjar Dewantara terhadap karakter peserta didik kelas XI pada materi pokok larutan penyangga dilihat dari observasi Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di MAN Godean kelas XI MIA Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi Pokok Larutan Penyangga. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 (sebagai kelas kontrol) dan kelas XI MIA 1 (sebagai kelas eksperimen). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampel Jenuh. Teknik pengumpulan data untuk mengkaji hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test dengan teknik analisisnya menggunakan uji t. Teknik pengumpulan data untuk mengkaji karakter menggunakan lembar angket dan lembar observasi dengan teknik analisis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran TSTS berbasis konsep trilogi Ki Hadjar Dewantara terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig.(2-tailed) dari uji Mann Whitney > 0,05 yaitu sebesar 0,278. 2) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran TSTS berbasis konsep trilogi Ki Hadjar Dewantara terhadap karakter peserta didik dilihat dari lembar angket. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig.(2-tailed) dari uji Mann Whitney > 0,05 yaitu sebesar 0,562. 3) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran TSTS berbasis konsep trilogi Ki Hadjar Dewantara terhadap karakter peserta didik dilihat dari lembar observasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar peserta didik, karakter peserta didik, model pembelajaran TSTS, dan Trilogi Ki Hadjar Dewantara.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 14:38
Last Modified: 02 Nov 2017 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28181

Actions (login required)

View Item View Item