PELANGGARAN HUKUM TERHADAP HAK CIPTA DESAIN BAJU MENURUT UU NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN HUKUM PIDANA ISLAM

MUHAMMAD ADHAM MUHAIMIN, NIM. 13360015 (2017) PELANGGARAN HUKUM TERHADAP HAK CIPTA DESAIN BAJU MENURUT UU NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN HUKUM PIDANA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELANGGARAN HUKUM TERHADAP HAK CIPTA DESAIN BAJU MENURUT UU NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN HUKUM PIDANA ISLAM)
13360015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELANGGARAN HUKUM TERHADAP HAK CIPTA DESAIN BAJU MENURUT UU NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA DAN HUKUM PIDANA ISLAM)
13360015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Dalam menciptakan sebuah baju dibutuhkan sebuah kreativitas dan pemikiran seseorang. Kreativitas akan memunculkan sebuah ide. Setelah ide muncul kemudian diikuti dengan pemikiran yang akan menentukan bentuk sebuah ciptaan. Dalam proses membuat ciptaan sampai menjadi hasil karya cipta biasanya membutuhkan waktu yang lama karena membutuhkan pertimbangan-pertimbangan yang matang agar sesuai dengan imajinasi. Dengan proses yang cukup memakan waktu disisi lain banyak juga orang yang tidak menghargai sebuah ide desain baju seperti pembajakan desain baju. Pembajakan desain baju lazimnya terjadi dalam bentuk pengkopian desain kemudian digunakan untuk memproduksi busana, tetapi dengan bahan berkualitas rendah maupun hampir sama. Yang mana perbuatan tersebut sangat merugikan bagi pemilik ciptaan. Baik secara moral maupun secara ekonomi. Dari sini timbul pertanyaan bagaimana pandangan UU No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Hukum Pidana Islam tentang pembajakan desain baju ini. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah bersifat perpustakaan, yaitu penelitian yang mengambil data dan mengolah datanya dari sumber perpustakaan seperti buku-buku yang mempunyai relevansi dengan hak cipta. Penelitian ini bersifat deskriptik- analitik-komparatif. Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan pelanggaran desain baju kemudian di analisis dengan pendekatan normatif tentang pelanggaran desain baju. Adapun komparatif adalah membandingkan bentuk pelanggaran desain baju antara UU No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Hukum Pidana Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peanggaran hak cipta adalah segala sesuatu dengan memperbanyak atau mengumumkan ciptaan. Dalam hukum islam pelanggaran hak cipta berkaitan tentang melipatgandakan objek dan tidak mencantumkan nama sang pencipta. Dalam bentuk persamaan sama-sama bisa di wariskan atau dihibahkan atau dipindah tangan. Mempunyai perjanjian lisensi dan sama-sama dianggap sebagai bentuk pencurian. Sedangkan dalam perbedaan ada pada masalah masa berlaku yakni dalam UUHC ada dua masa berlaku yang pertama adalah selama hidup sang pencipta dan 70 tahun setelah meninggal juga berlaku sepanjang masa. Sedangkan dalam hukum islam berlaku sepanjang masa. Bentuk sanksi yang diterapkan juga berbeda yakni yang satu dipenjara dan didenda yang satunya di potong tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Susiknan Azhari
Uncontrolled Keywords: Hak cipta desain baju, hukum pidana Islam
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Nov 2017 07:55
Last Modified: 03 Nov 2017 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28195

Actions (login required)

View Item View Item