PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI SMA NEGERI UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA

Anan Asnawi, NIM : 1520410005 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI SMA NEGERI UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI SMA NEGERI UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA)
1520410005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI SMA NEGERI UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA)
1520410005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (15MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa yang masih tradisional serta kerap mengesampingkan penggunaan media pembelajaran, kendati sekolah memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Hal tersebut karena kurangnya kemampuan guru dalam berkreasi dan berinovasi untuk merancang media pembelajaran untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga berimbas pada semangat dan fokus belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pembuatan dan pengembangan media autoplay media studio dalam pembelajaran banhasa Arab, mengetahui hasil validasi ahli materi dan ahli media, mengetahui hasil respon guru dan siswa dan mengetahui efektivitas penggunaan media autoplay media studio untuk pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (a) hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 83,33% degan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase 80% dengan kategori sangat baik, (b) hasil respon guru terhadap media autoplay media studio diperoleh persentase 81,04% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil respon siswa terhadap media autoplay media studio diperoleh persentase 83,49% dengan kategori sangat baik, dan (c) penggunaan media autoplay media studio berjalan efektif dimana diperoleh hasil evaluasi istimā‘ dengan nilai rata-rata 80,31, hiwār dengan nilai rata-rata 80, tarkīb dengan nilai rata-rata 85,93, qirāah dengan nilai rata-rata 76,87 dan kitābah dengan nilai rata-rata 74,21, dengan masing-masing pembelajaran istimā‘, hiwār, dan tarkīb dapat dikategorikan sangat baik, sedangkan pembelajaran qirāah dan kitābah dapat dikategorikan baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa media pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan juga membantu siswa untuk lebih mudah menerima dan menguasai materi-materi bahasa Arab. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan mampu memotivasi guru untuk mengkreasikan media-media pembelajaran yang inovatif, dan juga untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab. Kata kunci: Media, Autoplay Media Studio, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media, Autoplay Media Studio, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:49
Last Modified: 06 Nov 2017 01:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28198

Actions (login required)

View Item View Item