KAJIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB NŪRUL-MUBĪN DAN BAGAIMANA METODE PENANAMANNYA KEPADA SISWA

ZAINUL HOLIL, NIM: 1520410010 (2017) KAJIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB NŪRUL-MUBĪN DAN BAGAIMANA METODE PENANAMANNYA KEPADA SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KAJIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB NŪRUL-MUBĪN DAN BAGAIMANA METODE PENANAMANNYA KEPADA SISWA)
1520410010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB NŪRUL-MUBĪN DAN BAGAIMANA METODE PENANAMANNYA KEPADA SISWA)
1520410010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang, berawal dari keberadaan pendidikan agama Islam dalam menghadapi era globalisasi yang begitu maju, serta kuatnya nilai budaya skularistik yang menuntut berbagai kekuatan yang harus terpenuhi bagi sumber daya manusia yang memiliki karakter Islami yang berdasarkan al-Quran dan as- Sunnah. Keberadaan nilai menjadikan manusia bahagia yang merupakan keinginan universal dari semua mahluk sepanjang waktu. Sedangkan pendidikan agama Islam berfungsi untuk menuntun hidup manusia untuk mendapatkan kebahagian dan memiliki karakter yang baik ketika menghadapai berbagai kemajuan di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam kitab Nūrul-Mubīn, dan bagaimana metode penanamannya kepada siswa agar siswa bisa menjadi manusia yang berkarakter. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu kajian literatur melalui penelitian kepustakaan. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Nūrul-Mubīn karya KH. Hasyim Asyari. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu pendidikan Islam dengan analisis isi (content analysis), yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara sistematis dan obyektif. Hasil penelitian ada beberapa nilai-nilai pendidikan agama Islam menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Nūrul-Mubīn diantaranya adalah (1) Nilai Keimanan, (2) Nilai Ketaatan, (3) Nilai Kepatuhan, (4) Nilai Ketulusan, (5) Nilai Kecintaan, (6) Nilai Kasih Sayang, (7) Nilai Penghormatan, (8) Nilai Persaudaraan, (9) Nilai Kesederhanaan, (10) Nilai Keindahan, (11) Nilai Kesabaran, (12) Nilai Kemandirian, (13) Nilai Pertolongan. Adapun model-model pembelajaran yang harus diperaktikkan oleh seorang guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang telah disebutkan oleh KH. Hasyim Asy’ari adalah sebagai berikut: model pembelajaran sikap, model pembelajaran habit forming, model pembelajaran pakem, model pembelajaran inside autside circle, model pembelajaran mau’idhah hasanah, model pembelajaran active debat, model pembelajaran konsiderasi, model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran modeling, model pembelajaran problem based instruction, model pembelajaran berbasis aktivitas, model pembelajaran kolaboratif. Seorang guru selalu berusaha menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang disebutkan oleh KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Nūrul Mubīn, dengan menggunakan beberapa model pembelajaran tersebut, agar para siswa mampu menjadi manusia yang berkarakter. Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Metode Penanamannya Kepada Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Metode Penanamannya Kepada Siswa
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 08:54
Last Modified: 06 Nov 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum