MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTsN SAMPIT KALIMANTAN TENGAH

Aulia Rohmana, NIM. 1520410021 (2017) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTsN SAMPIT KALIMANTAN TENGAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTsN SAMPIT KALIMANTAN TENGAH)
1520410021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTsN SAMPIT KALIMANTAN TENGAH)
1520410021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kepala madrasah merupakan pemimpin yang menggerakkan sekolah/madrasah dalam mencapai tujuannya. Kepala madrasah harus memiliki model kepemimpinan yang efektif dan tepat, sehingga berjalannya suatu lembaga pendidikan akan maksimal dan mampu mencetak peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan dukungan semua warga sekolah dan semua pihak yang terkait didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, model kepala madrasah guna meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit. Kedua, implementasi kepala madrasah guna meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit. Ketiga, capaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam peenlitian ini menggunakan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi, dengan penguji kredibilitas yaitu: triangulasi teknik dan sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan narasi deskriptif kualitatif. Fokus kajian penelitian yaitu model kepemimpinan kepala madarsah guna meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit Kalimantan Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, model kepemimpinan kepala madrasah yaitu, kharismatik, administratif, dan demonstrasi. Kedua, implementasi model kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yaitu sesuai dengan ilmu manajemen: 1) perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Ketiga, capaian model kepemimpinaan kepala madarsah terbukti sangat berhasil dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini dapat dilihat dari capaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang sangat baik serta tata tertib, tugas-tugas dan aturan-aturan yang telah dibuat ditaati dan dilaksanakan. Namun memang ada beberapa hal yang kurang yaitu tenaga kependidikan yang belum maksimal melaksanakan tugasnya. Hal ini dikarenakan lantaran kesehatan. Kata Kunci: Model Kepemimpinan, Kinerja Pendidik, Tenaga Kependidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Model Kepemimpinan, Kinerja Pendidik, Tenaga Kependidikan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 09:05
Last Modified: 06 Nov 2017 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum