HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MAN KLATEN TA 2016/2017

Akbar Kurniawan, NIM: 1520410047 (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MAN KLATEN TA 2016/2017. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MAN KLATEN TA 2016/2017)
1520410047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MAN KLATEN TA 2016/2017)
1520410047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap mata pelajaran bahasa Arab dengan motivasi belajar bahasa Arab, (2) hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan motivasi belajar bahasa Arab, (3) hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap mata pelajaran bahasa Arab dan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan motivasi belajar bahasa Arab. Populasi dan sampel adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten TA 2016/2017 dengan jumlah sampel sebanyak 159 orang siswa. Pengumpulan data variabel persepsi dan motivasi menggunakan skala persepsi terhadap mata pelajaran bahasa Arab dan skala motivasi belajar bahasa Arab, sedangkan nilai kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan dokumen nilai yang telah dimiliki oleh guru mata pelajaran bahasa Arab. Instrumen berupa kuoesioner telah diujicobakan dahulu untuk mendapatkan informasi validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap mata pelajaran bahasa Arab dengan motivasi belajar bahasa Arab, yaitu diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.361 dengan nilai signifikansinya (p) sebesar 0,000. Kedua, ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap mata pelajaran bahasa Arab dengan motivasi belajar bahasa Arab, yaitu diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,261 dengan nilai signifikansinya (p) sebesar 0,001. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap mata pelajaran bahasa Arab dan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan motivasi belajar bahasa Arab, yaitu diketahui bahwa nilai koefisien Regresi untuk variabel persepsi terhadap mata pelajaran bahasa Arab dan kemampuan kembaca Al-Qur’an terhadap motivasi belajar bahasa Arab adalah 0.469, sedangkan nilai R Square yaitu 0.220, berarti bahwa variabel persepsi terhadap mata pelajaran bahasa Arab dan kemampuan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 22.0 % atau dengan kata lain bahwa kontribusi R2 22 % dari variabel motivasi belajar bahasa Arab dipengaruhi oleh variabel persepsi terhadap mata pelajaran bahasa Arab dan variabel kemampuan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama. Kata kunci : Motivasi Belajar, Persepsi terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Persepsi terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 10:24
Last Modified: 06 Nov 2017 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28208

Actions (login required)

View Item View Item