MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

FITRIYANTO, NIM :1520410049 (2017) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO)
1520410049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO)
1520410049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh dan komprehensif mulai dari input, proses, output dan outcome, melalui manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis Sistem Kredit Semester. Sistem Kredit Semester merupakan sebuah inovasi pendidikan yang merujuk pada pemberian fasilitas kepada siswa yang memiliki bakat dan kecerdasan diatas rata-rata agar mampu menguasai banyak isi pelajaran dalam rentang waktu yang lebih singkat. Pelaksanan program Sistem Kredit Semester di SMA Negeri 3 Purwokerto memiliki tujuan untuk mengoptimalkan pengembangan potensi siswa dan mampu meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh dan komprehensif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kombinasi (mixed method sequential ekploratory) dengan mengambil latar di SMA Negeri 3 Purwokerto. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian dari makna data tersebut penulis menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Manajemen mutu pendidikan berbasis Sistem Kredit Semester meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. (2) Strategi peningkatan mutu pendidikan berbasis Sistem Kredit Semester meliputi: School Review, Bencmarking, Quality Assurance dan Quality Control. (3) Hasil dari manajemen peningkatan mutu pendidikan meliputi: siswa dan orang tua siswa puas, mutu pendidikan meningkat dilihat dari peningkatan pada prestasi akademik dan non akademik siswa. (4) Faktor pendukung meliputi: kepemimpinan yang profesional, iklim pembelajaran yang kondusif, performance atau kinerja guru, dorongan belajar tuntas peserta didik,. Selanjutnya faktor penghambatnya meliputi: kerepotan guru, kesulitan peserta didik pindah sekolah, kurang disiplinya peserta didik. Kata kunci: Manajemen, Mutu Pendidikan, Sistem Kredit Semester

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Aninditya Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Mutu Pendidikan, Sistem Kredit Semester
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 10:27
Last Modified: 06 Nov 2017 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum