PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID DI SMA UII YOGYAKARTA

Bahar Noer Batubara, NIM: 1520410055 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID DI SMA UII YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID DI SMA UII YOGYAKARTA)
1520410055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID DI SMA UII YOGYAKARTA)
1520410055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

The background of this research is the popularity of android use in the midst of society, especially among students. This phenomenon certainly has the potentiality to be utilized as a tool of learning media at school. The aim of this research is to make android application as a medium of learning on Islamic education on the subject of Hajj in class X-A SMA UII Yogyakarta. The method used in this research is the development of research methods (Research and Development) with qualitative and quantitative approach. Data obtained through interview, questionnaire, observation and documentation. Data analysis technique in this study uses quantitative descriptive techniques. This application is built using several supporting applications, including: Android Studio 2.1 as IntelliJ IDEA code editor and application development tools android, Corel Draw X5 is used to design layout of learning media of Islamic education based on Android and Photoshop CS6 (64 bit) as tool of editing process Images such as designing the logo and displaying splash screen of this application. The result of this study is in the form of Android-based learning application that is used as a medium of learning Islamic education on the subject of Hajj in class X-A SMA UII Yogyakarta. This application has been validated by IT experts with average of 3.4 with "Enough" category, material expert on the material aspect with average score of 4.86 with the category "Very Good" and the quiz aspect with average score is 5 with the category "Very Good". The respon from 15 students to this application is: (1) on the design aspect, it is known that the students respond with the average total score of 3.89 or the category of "good". (2) on the material aspect and the quiz, the response is 3.64 or "Good" category. The results of this study indicate that this application has been feasible to be used as a medium for supporting learning of Islamic education in the school. Keyword: mobile learning, Android, Application Learning, Medium of learning, Islamic education. [INDONESIA] Latar belakang penelitian ini adalah popularitas penggunaan android di tengah-tengah masyarakat khususnya di kalangan pelajar. Fenomena ini tentunya memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai alat bantu media pembelajaran murid di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi android sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam pada materi Haji di kelas X-A SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan beberapa aplikasi pendukung, diantaranya: Android Studio 2.1 sebagai editor kode IntelliJ IDEA dan alat pengembangan aplikasi android, Corel Draw X5 digunakan untuk mendesain layout media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Android dan Photoshop CS6 (64 bit) sebagai alat proses editing gambar seperti mendesain logo dan tampilan splash screen aplikasi ini. Hasil penelitian ini adalah berupa aplikasi media pembelajaran berbasis android yang digunakan sebagai media pendukung pembelajaran pendidikan agama Islam pada materi Haji di kelas X-A SMA UII Yogyakarta. Aplikasi ini telah divalidasi oleh ahli IT dengan rerata 3,4 dengan kategori “cukup”, ahli materi pada aspek materi dengan rerata total skor 4,86 dengan kategori “Sangat Baik” dan aspek kuis rerata skornya adalah 5 dengan kategori “Sangat Baik”. Adapun tanggapan/respon 15 orang siswa terhadap media yang dikembangkan yaitu pada aspek desain, diketahui bahwa respon siswa dengan rerata total skor 3,89 atau kategori “baik”. Sedangkan dari aspek materi serta kuis, diketahui rerata total skor respon siswa terhadap media yaitu 3,64 atau kategori “Baik”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi ini telah layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Kata Kunci: mobile learning, Android, Aplikasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: mobile learning, Android, Aplikasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, mobile learning, Android, Application Learning, Medium of learning, Islamic education.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 10:40
Last Modified: 06 Nov 2017 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum