PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KHAT RIQ‘AH BERBASIS KITĀBAH UNTUK MAHASISWA SEMESTER II PRODI PBA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Siti Zakiyah Mufidah, Nim: 1520411045 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KHAT RIQ‘AH BERBASIS KITĀBAH UNTUK MAHASISWA SEMESTER II PRODI PBA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KHAT RIQ‘AH BERBASIS KITĀBAH UNTUK MAHASISWA SEMESTER II PRODI PBA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1520411045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KHAT RIQ‘AH BERBASIS KITĀBAH UNTUK MAHASISWA SEMESTER II PRODI PBA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1520411045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan mahasiswa semester II Prodi PBA UIN Sunan Kalijaga akan bahan ajar khat yang terintegrasi dengan kitabah dan sesuai dengan karakteristik mahasiswa yang masih pemula dalam khat dan disesuaikan dengan waktu yang tersedia. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengadakan produk yang berupa modul praktikum sekaligus menguji kelayakannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Borg & Gall, yaitu: (1) Studi pendahuluan, dengan menemukan potensi dan masalah, serta menggali data tentang karakteristik mahasiswa dan literatur, (2) Mendesain produk, meminta tanggapan dari ahli, dan merevisinya. (3) Uji coba pada kelas kecil dan merevisi berdasarkan temuan akan kelemahan produk, (4) Uji coba pada kelas besar dan merevisi produk. (5) Produk akhir. Hasil penelitian ini adalah produk berupa modul praktikum yang berjudul “al- Muyassar fi Kitābah Khaṭṭ ar-Riq‘ah”. Modul ini disusun berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa dengan berpedoman pada RPS (Rencana Pembelajaran Semester). Modul ini terdiri dari: (1) Sampul/ cover, (2) Kata pengantar, (3) Deskripsi singkat buku, (4) Persiapan sebelum menulis, (5) Daftar isi, (6) Tujuan pembelajaran yang ada di setiap awal unit, (7) Materi pokok yang terdidi dari tiga unit, (8) lembar instrumen penilaian, (9) Daftar rujukan. Modul tersebut dikembangkan sesuai dengan tingkat kemampuan mahasiswa yang termasuk pemula dalam khat, beberapa literatur yang telah ada, dan menyesuaikan alokasi waktu yang tersedia. Hasil validasi ahli desain pada komponen tampilan dan penyajian, keduanya berkategori “baik”. Berdasarkan hasil validasi ahli materi pada komponen pembelajaran dan komponen isi/materi, keduanya berkategori “baik”. Setelah uji coba kelas kecil, tanggapan dari mahasiswa pada komponen desain berkategori “baik”, dan pada komponen isi/ materi berkategori “baik”. Adapun penilaian mahasiswa uji coba kelas besar, pada komponen desain berkategori “baik sekali”, dan pada komponen isi/ materi berkategori “baik sekali”. Dengan demikian hasil tersebut menunjukkan bahwa modul layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran khat. Kata kunci: bahan ajar, pembelajaran khat Riq‘ah, kitābah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Radjasa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, pembelajaran khat Riq‘ah, kitābah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Nov 2017 09:21
Last Modified: 07 Nov 2017 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum