PENGELOLAAN AIR TANAH (STUDI KOMPARASI HUKUM ISLAM DAN PERDA KOTA YOGYAKARTA NO. 1 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP)

RITMADANTI ANGGELIKA, NIM. 13360087 (2017) PENGELOLAAN AIR TANAH (STUDI KOMPARASI HUKUM ISLAM DAN PERDA KOTA YOGYAKARTA NO. 1 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN AIR TANAH (STUDI KOMPARASI HUKUM ISLAM DAN PERDA KOTA YOGYAKARTA NO. 1 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP))
13360087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN AIR TANAH (STUDI KOMPARASI HUKUM ISLAM DAN PERDA KOTA YOGYAKARTA NO. 1 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP))
13360087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Air tanah merupakan sumber daya yang mempunyai peranan penting pada masalah penyediaan kebutuhan air bagi berbagai keperluan, baik kepentingan rumah tangga (domestik) maupun untuk kepentingan industri, salah satunya adalah industri perhotelan. Pembangunan hotel yang kian meningkat di Kota Yogyakarta memiliki potensi mengakibatkan dampak negatif kepada masyarakat setempat terkait pengelolaan lingkungan, khususnya pada pemanfaatan air. Mengingat daya konsumsi industri perhotelan terhadap air sangatlah tinggi, hal tersebut memberikan dampak buruk bagi kehidupan masyarakat setempat, mulai dari berkurangnya ketersediaan air hingga kekeringan yang terjadi pada sumur- sumur milik warga. Mengingat peran air tanah sangatlah penting, maka pemanfaatan air tanah harus didasarkan pada keseimbangan dan kelestarian air tanah itu sendiri, dengan istilah lain pemanfaatan air tanah harus berwawasan lingkungan. Untuk menjamin hal tersebut, maka perlu adanya pengaturan tentang pengelolaan air tanah. Jenis penelitian ini adalah Library Research, yakni dengan meneliti sumber-sumber kepustakaan yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Adapun pendekatan yang digunakan adalah yuridis-normatif yaitu pendekatan perundang- undangan dan norma-norma dalam hukum Islam dengan menggunakan teori maqasid asy-syari'ah. Sedangkan sifat penelitian adalah deskriptif-analitik- kompararif, yaitu menjelaskan, menganalisis, serta membandingkan secara sistematis ketentuan pengelolaan air tanah menurut hukum Islam (pandangan Muhammadiyah dan NU) dan Perda Kota Yogyakarta No. 1 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Berdasarkan ketentuan hukum Islam, pengelolaan air menurut Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama adalah sama-sama menghendaki pengelolaan air dilakukan oleh negara dengan tujuan untuk kesejahteraan penduduknya. Walaupun begitu, pihak swasta masih diberi kesempatan untuk mengelola sumber air, dengan catatan tujuannya tidak untuk kepentingan segelintir orang atau kelompok, tetapi untuk kemaslahatan orang banyak. Sedangkan ketentuan Perda Kota Yogyakarta No. 1 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, pengelolaan air tanah diatur dalam Pasal 12 yang didalamnya terdapat aspek-aspek penting yaitu potensi air tanah, pemanfaatan air tanah serta larangannya. Ketentuan hukum Islam dan ketentuan Perda Kota Yogyakarta No. 1 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup terkait dengan kepemilikan air, sama-sama sepakat bahwa air adalah barang publik yang bisa diakses oleh semua orang tanpa terkecuali. Adanya privatisasi atau penggunaan air secara berlebihan yang dilakukan oleh hotel merupakan bentuk penindasan terhadap manusia dan bertentangan dengan semangat yang terkandung dalam maqasid asy-syari’ah. Dikarenakan hal tersebut mendatangkan ketidakadilan bagi masyarakat, seperti sumur milik warga mengalami kekeringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. ALI SODIQIN, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Air Tanah, Hukum Islam, Perda Kota Yogyakarta No. 1 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Nov 2017 02:29
Last Modified: 07 Nov 2017 02:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28235

Actions (login required)

View Item View Item