PENGEMBANGAN SOFT SKILLS DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRI NGABAR PONOROGO

Heni Nur Alifah, NIM: 1520411060 (2017) PENGEMBANGAN SOFT SKILLS DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRI NGABAR PONOROGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SOFT SKILLS DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRI NGABAR PONOROGO)
1520411060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SOFT SKILLS DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRI NGABAR PONOROGO)
1520411060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan pesantren tidak hanya mendidik para santri dengan ilmu agama, melainkan juga membekalinya dengan akhlak yang menjadi khas dari seorang santri, pada kenyataanya dilapangan menunjukan bahwa anakanak yang tidak di bina akhlaknya atau dibiarkan tanpa bimbingan arahan dan pendidikan, ternyata menjadi anak-anak yang nakal menganggu masyarakat dan melakukan berbagai perbuatan tercela. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, display data, verifikasi, dan triangulasi data, karena pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, bertujian untuk mendeskripsikan pengembangan soft skills dalam membentuk akhlak santri pondok pesantren wali songo Ngabar Ponorogo. Hasil penelitian menunjukan bahwa Alasan pengembangan soft skills dalam membentuk akhlak dipondok pesantren Wali songo Ngabar, berdasarkan faktor theology dan faktor budaya pesantren. Pengembangan soft skills dalam membentuk akhlak santri pondok pesantren wali songo sesuai dengan sistem pendidikan Agama yaitu tujuan pendidikan di pondok pesantren wali songo mencetak Insan kamil,Peran ustadzah dan satri dalam pengembangan soft skills dan akhlak.Strategi yang digunakan adalah Role model (Uswah khasanah),Message of the week (Motivasi), Hidden curriculum kegiatan ekstrakurikuler pondok yaitu Kegiatan Al- Uswah dan LDK .Metode yang digunakan adalah metode hafalan, pembiasaan, alaqoh, student center. Evaluasi dilakukan oleh majelis pembimbing santri yaitu memberikan reward, rapat setiap satu minggu, sarana-prasarana yang memadai, belum mempunyai buku kepribadian santri Kata Kunci: Soft Skills, Akhlak, Santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Muqowim, M,Ag
Uncontrolled Keywords: Soft Skills, Akhlak, Santri.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Nov 2017 09:55
Last Modified: 07 Nov 2017 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum