EVALUASI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD SEBAGAI UPAYA FORMULASI KEBIJAKAN BERBASIS AL-QUR’AN DAN AL-HADITS DI SD KHUSUS RUMAH PINTAR SALATIGA

LAYLA NURJANNAH, NIM: 1520411077 (2017) EVALUASI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD SEBAGAI UPAYA FORMULASI KEBIJAKAN BERBASIS AL-QUR’AN DAN AL-HADITS DI SD KHUSUS RUMAH PINTAR SALATIGA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD SEBAGAI UPAYA FORMULASI KEBIJAKAN BERBASIS AL-QUR’AN DAN AL-HADITS DI SD KHUSUS RUMAH PINTAR SALATIGA)
1520411077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD SEBAGAI UPAYA FORMULASI KEBIJAKAN BERBASIS AL-QUR’AN DAN AL-HADITS DI SD KHUSUS RUMAH PINTAR SALATIGA)
1520411077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki atau membuat formulasi manajemen berbasis Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam bentuk kebijakan. Sebelum menentukan kebijakan peneliti melakukan evaluasi manajemen peningkatan mutu pendidikan di SD Khusus Rumah Pintar Salatiga menggunakan perspektif Balanced Scorecard. Alasan penggunaan perspektif Balanced Scorecard karena keempat perspektif dalam balanced Scorecard sudah mencakup seluruh komponen di sebuah lembaga pendidikan. Keempat perspektif Balanced Scorecard itu adalah (1) Perspektif keuangan, (2) Perspektif pelanggan, (3) Perspektif proses bisnis internal, serta (4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran atau mix method. Pendekatan yang digunakan adalah sequential exploratory yang bobot kualitatif lebih banyak dibandingkan kauntitatif. Kuantitatif di sini bertindak sebagai penguat. Subjek dalam penelitian ini, yaitu ketua yayasan, kepala sekolah, guru, orangtua/walimurid dan masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, pengisian angket, dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh akan diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwasannya: (1) Manajemen yang digunakan di SD Khusus Rumah Pintar Salatiga menggunakan fungsi-fungsi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan. (2) Hasil analisis evaluasi manajemen peningkatan mutu pendidikan di SD Khusus Rumah Pintar Salatiga dalam perspektif Balanced Scorecard bahwa manajemen yang digunakan pihak sekolah belum sepenuhnya berjalan secara maksimal. Faktor problematika peningkatan mutu pendidikan di SD Khusus Rumah Pintar Salatiga. (3) Alasan penggunaan Balanced Scorecard dalam mengevaluasi manajemen peningkatan mutu pendidikan, yaitu karena keempat perspektif BSC sudah mencakup seluruh komponen pada lembaga pendidikan, (4) Usulan kebijakan manajemen peningkatan mutu yaitu terdapat pada hadits إِذَا أُسْنِدَ الَْْمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ yang artinya Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu. Kata Kunci: Mutu pendidikan, Perspektif Balanced Scorecard, usulan kebijakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Mutu pendidikan, Perspektif Balanced Scorecard, usulan kebijakan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Nov 2017 10:21
Last Modified: 07 Nov 2017 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28245

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum