INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB ANTARA KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DI YAYASAN KHOLIDIYAH JETIS KEBUMEN

MUKHRODI, NIM : 1520411082 (2017) INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB ANTARA KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DI YAYASAN KHOLIDIYAH JETIS KEBUMEN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB ANTARA KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DI YAYASAN KHOLIDIYAH JETIS KEBUMEN)
1520411082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB ANTARA KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DI YAYASAN KHOLIDIYAH JETIS KEBUMEN)
1520411082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kurikulum merupakan komponen utama dalam sebuah lembaga pendidikan. Tujuan kurikulum secara umum untuk mendukung pengembangan peserta didik. Penggunaan kurikulum di Yayasan Kholidiyah pada masing-masing lembaga pendidikan berdampak kurang baik pada peserta didik yang mana menempuh pendidikan pada dua lembaga, sekolah dan pondok pesantren. Kurikulum sekolah menetapkan adanya pembelajaran bahasa Arab sedangkan di Pondok Pesantren juga mempelajarinya. Akan tetapi pembelajaran di Sekolah dan Pondok Pesantren tidak terintegrasi yang berakibat pada tumpang tindih materi. Penelitian penulis bertujuan untuk menjebatani dan mengintegrasikan kurikulum bahasa Arab yang berbasis Kurikulum 2013 dan Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian reseacrh and development (R & D). Prosedur pengembangan kurikulum dilakukan melalui 3 langkah utama. Pertama: Studi pendahuluan dengan menelisik Potensi dan Masalah serta membuat konsep pengembangan. Kedua: Studi Pengembangan dengan menginegrasikan dan mengembangkan 4 Aspek Kurikulum yaitu landasan Filosofis-Yuridis, Aspek Silabus, Aspek Materi dan Aspek Evaluasi. Setelah proses integrasi pengembangan dilakukan validasi dengan 3 validator untuk kemudian di uji-cobakan kepada peserta didik kelas XI SMA Al-Huda Jetis Kebumen. Ketiga: Tahap Hasil penerapan desain kurikulum. Tahap ketiga, melakuka eksperimentasi dengan model pra-eksperimen, peneliti menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat signifikansi pembelajaran peserta didik. Hasil validasi menunjukan bahwa desain kurikulum bahasa Arab integrasi antara kurikulum 2013 dan pondok pesantren di yayasan Kholidiyah menunjukan hasil 4,16 dengan predikat “ Baik”. Hasil predikat tersebut merupakan kumulatif dari penilaian terhadap 4 komponen kurikulum dari 3 validator. Validasi pada aspek Yuridis-Filosofis menunjukan nilai 4,56, aspek Silabus menunjukan nilai 4,1, apsek Materi menunjukan nilai 3,9 dan aspek evaluasi menunjukan nilai 4,1. Hasil penerapan desain kurikulum terintegrasi bahasa Arab pada pembelajaran dihitung menggunakan hasil dari pre-test post-test dengan T-Test. Hasil kedua test tersebut dianalisis menggunakan SPSS.16.0 dengan nilai tabel paired samples statistics 0.000< 0.05. Maka menunjukan hasil “terdapat perbedaan hasil belajar “sangat signifikan” dengan menggunakan desain kurikulum terintegrasi antara K-13 dan Pondok Pesantren. Kata kunci: Kurikulum Terintegrasi, Kurikulum-13 dan Kurikulum Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Terintegrasi, Kurikulum-13 dan Kurikulum Pondok Pesantren.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Nov 2017 10:24
Last Modified: 07 Nov 2017 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum