AL QISSAH AL QASIRAH SAHIB AL HAN LI TAHA HUSAYN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH INSANIYYAH INDA ABRAHAM MASLOW )

ABDUL MAJID ZUBAIRI, NIM. 10110044 (2017) AL QISSAH AL QASIRAH SAHIB AL HAN LI TAHA HUSAYN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH INSANIYYAH INDA ABRAHAM MASLOW ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL QISSAH AL QASIRAH SAHIB AL HAN LI TAHA HUSAYN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH INSANIYYAH INDA ABRAHAM MASLOW ))
10110044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AL QISSAH AL QASIRAH SAHIB AL HAN LI TAHA HUSAYN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH INSANIYYAH INDA ABRAHAM MASLOW ))
10110044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Cerita pendek “Sahibul Han” Karya Taha Husein Kajian psikologi Humanis Abraham Maslow”. Skripsi ini mengkaji peristiwaperistiwa yang mempengaruhi psikologi tokoh utama cerpen Sahibul Han serta proses pemenuhan kebutuhannya berdasarkan teori kebutuhan bertingkat yang diusung Abraham Maslow. Peneliti tertarik mengkaji cerpen ini karena didalamnya terdapat beberapa fenomena psikologi seperti konflik batin yang dialami oleh tokoh utama “pemilik warung” adanya tekanan dari luar dirinya sehingga membuat dirinya terpaksa kehilangan hak-hak sebagai individu yang utuh. Selanjutnya, ada dua masalah mendasar yang ingin dijawab peneliti dalam skripsi ini, yaitu peristiwa apa saja yang mempengaruhi psikologi tokoh utama dalamcerpen tersebut serta bagaimana dia melakukan proses pemenuhan kebutuhannya? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis yang berpegang pada teori psikologi humanis Abraham Maslow yang membahas tentang kebutuhan bertingkat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik library research (kajian kepustakaan), diawali dengan membaca serta memahami isi serta tema cerita. Kemudian melakukan pendataan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan fenomena psikologi dan melakukan analisis serta mengklasifikasikan peristiwa yang telah didapatkan ke dalam lima kebutuhan bertingkat. Dengan menggunakan teori tersebut terungkap masalah-masalah yang terdapat dalam cerpen Sahibul Han yakni berupa adanya tekanan serta ancaman dari wilayah kekaisaran romawi akan kebebasan beragama. Untuk proses pemenuhan kebutuhan yang dilakukan tokoh utama ditemukan empat dari lima proses pemenuhan kebutuhan, yaitu kebutuhan fisiologis (mata pencaharian), rasa aman (tekanan kekuasaan romawi), cinta dan memiliki (persahabatan), serta kebutuhan akan harga diri (rela berkorban jiwa demi agamanya) Kata kunci: Taha Husein, Sahibul Han, Psikologi Sastra, Psikologi Humanis, Kebutuhan Bertingkat. Abraham Maslow.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ridwan, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Taha Husein, Sahibul Han, Psikologi Sastra, Psikologi Humanis, Kebutuhan Bertingkat. Abraham Maslow.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Nov 2017 13:56
Last Modified: 07 Nov 2017 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum