PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KEMASYARAKATAN DI DESA DUWET KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN KLATEN (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)

QONITAH MUSTIKASARI MAHMUDAH, NIM. 12370054 (2017) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KEMASYARAKATAN DI DESA DUWET KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN KLATEN (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KEMASYARAKATAN DI DESA DUWET KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN KLATEN (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH))
12370054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KEMASYARAKATAN DI DESA DUWET KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN KLATEN (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH))
12370054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu negara merupakan hal yang sangat penting dicapai karena setiap negara menginginkan adanya proses perubahan perekonomian yang lebih baik dan ini akan menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara. Percepatan tersebut, mulai dari melakukan pembenahan internal kondisi perekonomian disuatu negara bahkan sampai melakukan kerjasama internasional dalam segala bidang untuk dapat memberikan kontribusi positif demi percepatan pertumbuhan ekonomi. Kekayaan alam dan keragaman suku serta budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia mempunyai peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat menengah kebawah. Peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam pemanfaatan potensi dan membuat kebijakan terhadap pengembangan tersebut, sehingga masyarakat mempunyai keinginan untuk menggali dan mengelola desa ataupun kota untuk menjadi destinasi pariwisata. Penelitian ini mengkaji tentang peran pemerintah Desa dalam meningkatkan ekonomi kemasyarakatan, bagaimana maslahah mursalah melihat peran pemerintah Desa tersebut, dan apa faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini menggunakan teori maslahah mursalah, yang mengkaji tentang hukum dengan memperhatikan aspek kemaslahatan dan menghindari kebinasaan yang tidak diatur oleh nusus tetapi masih relevan dengan hukum universal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Desa Duwet, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang telah dikumpulkan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk naratif kemudian menarik kesimpulan dari data-data yang telah diperoleh. Verifikasi dilakukan dalam bentuk penyajian dan penarikan kesimpulan dari data-data yang telah terkumpul di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, Peran pemerintah Desa Duwet dalam upaya meningkatkan ekonomi kemasyarakat sudah sejalan dengan tujuan dari maslahah mursalah yakni kemaslahatan umat. Hal ini pun sudah sejalan pula dengan Undang-undang Desa Nomor 6 tahun 2014 pasal 18. Kedua, Secara maslahah mursalah apa yang dilakukan oleh pemerintah Desa Duwet sudah sejalan dengan maqasidu syari’ah, yakni menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan, dan menjaga harta. Ketiga, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan ekonomi kemasyarakatan di Desa Duwet. Faktor penghambatnya di antara lain adalah: a. banyak pemuda yang merantau, b. Sebagian masyarakat yang individual dan tertutup. Sedangkan untuk faktor pendukungnya adalah: a. Masyarakat yang wellcome terhadap pemerintah desa, b. Sumber Daya Alam Berupa Air yang Melimpah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. OCKTOBERRINSYAH, M.AG
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah, Ekonomi Kemasyarakatan, Maslahah Mursalah
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Nov 2017 09:35
Last Modified: 08 Nov 2017 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum