POSISI AKTOR DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI POLITIK (STUDI KASUS PEMENANGAN YUDI DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2014 DAPIL II DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR JAMBI)

RENI MARNITA, NIM. 12370065 (2017) POSISI AKTOR DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI POLITIK (STUDI KASUS PEMENANGAN YUDI DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2014 DAPIL II DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (POSISI AKTOR DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI POLITIK (STUDI KASUS PEMENANGAN YUDI DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2014 DAPIL II DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR JAMBI))
12370065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POSISI AKTOR DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI POLITIK (STUDI KASUS PEMENANGAN YUDI DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2014 DAPIL II DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR JAMBI))
12370065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemilu Legislatif 2014 merupakan perwujudan Negara Demokrasi. Para caleg berlomba-lomba untuk memenangkan suara. Caleg tidak hanya berasal dari politikus saja. Calon legislative yang mempunyai latar belakang profesi sebagai pengusaha, tukang parkir, tokoh agama maupun lembaga swadaya masyarakat mengikuti kontestan politik. Daerah pilihan dua terdapat kenyataan menarik dimana anggota legislative yang baru pertama mencalonkan sebagai anggota legislative mendapat sambutan baik dari masyarakat, ini terbukti dengan perolehan suara terbanyak. Hal ini berbeda dengan anggota legislative incumbent yang mendapat suara yang tidak terlalu signifikan walaupun tetap menang. Oleh karena itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana posisi aktor dalam pemilu legislative kedua, komunikasi politik seperti apa yang digunakan Yudi sebagai aktor politi dalam pemilu legislative 2014 di Tanjung Jabung Timur Jambi. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan yaitu melakukan wawancara dengan actor politik. Studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mendokumnetasikan literature yang sesuai berhubungan dengan materi penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu sifat penelitian yang di dalamnya menggambarkan, menjelaskan dan memaparkan, fakta sesuai yang didapatkan dari hasil penelitian, namun tetap terfokus pada suatu kejelasan dan menganalisisnya denga teori fungsionalisme Talcot Parsons dengan skema AGIL atau empat sistem tindakan. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa strategi komunikasi politik yang digunakan oleh actor pada pemilu legislative : 1) dalam berkampanye yang merupakan prioritas utama yaitu membangun komunikasi dan silaturahmi serta memperluas jaringan dengan menggandeng tokoh masyarakat, ulama, organisasi masyarakat, kalangan pemuda ataupun pendekatan secara personal (ikatan emosional) dengan melakukan berbagai kegiatan, 2) pesan-pesan yang disampaikan bersentuhan langsung pada masyarakat, 3) mengoptimalkan kampanye individu dan kampanye terbuka guna pencitraan politik yang bertujuan untuk meyakinkan masyarakat bahwa aktor berbeda dengan kandidat lain. Selain hal tersebut, actor juga berada pada posisi yang kuat dengan di dukung beberapa faktor, pertama actor yang merupakan asli suku melayu dimana populasi dapil II kebanyakan suku melayu, kedua actor yang dikenal di hampir seluruh daerah tanjabtim merupakan jawara dan disegani oleh banyak kalangan, ketiga aktor juga pernah bekerja di salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat yang membuat aktor memiliki jaringan yang luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. SUBAIDI, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pileg, Komunikasi Politik, Aktor
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Nov 2017 09:44
Last Modified: 08 Nov 2017 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum